Semalam Sebagian Wilayah Wonogiri Mencekam

0 1.665

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Semalam delapan (8) wilayah Kecamatan di Kabupaten Wonogiri mencekam. Yaitu di Kecamatan Ngadirojo, Sidoharjo, Jatisrono, Slogohimo, Jatiroto, Tirtomoyo dan Purwantoro.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber terungkap, ke delapan wilayah kecamatan tersebut didatangi ribuan massa berkendaraan motor roda 2 dan roda 4. Mereka organisasi beladiri kelompok B. Mereka dari wilayah Kecamatan lain di Kabupaten Wonogiri dan dari luar Kabupaten Wonogiri. Yaitu wilayah Kabupaten se Soloraya, Magetan, Ponorogo, dan Pacitan.

Massa datang Rabu (8/5/19) mulai pukul 20.00 s/d 01.00 Wib melakukan perusakan Tugu Lambang Organisasi Beladiri milik kelompok A. Jumlah massa sekitar 5000 orang (gabungan massa dari wilayah Solo Raya, Magetan, Ponorogo, Pacitan Jawa Timur).

Suasana mencekam sekitar wilayah pasar dan terminal Kecamatan Ngadirojo, Sidoharjo, Jatisrono, Purwantoro, Jatiroto dan Tirtomoyo.

Diduga masalah itu dipicu sebuah video yang viral pada Selasa (7/5/19). Video itu berisi rekaman aksi penghapusan sebuah tulisan yang merupakan semboyan organisasi beladiri B. Penghapusan itu terjadi di wilayah Tirtomoyo yang berbatasan dengan wilayah Jatiroto. Diduga dilakukan oleh kelompok beladiri A.

Ribuan massa semalam, bermaksud mencari orang yang tampak dalam video itu, yang merusak logo dan semboyan, dan menghina nama organisasi beladiri itu. Mereka terdiri dari kelompok organisasi di wilayah Selogiri, Wonogiri, Ngadirojo, Sidoharjo dan luar Kabupaten Wonogiri.

Suasana makin mencekam ketika masa jumlahnya samakin banyak. Mereka mulai membunyikan suarabknaalpot, klakson dan mulai mengamuk dengan merusak sejumlah sasaran yang berdekatan dengan mereka. Mereka juga marah karena dihadang aparat Polri.

Bahkan massa melakukan pengeroyokan
anggota Polisi. Dia adalah AKP Aditya Mulya Ramadhani Kasatreskrim Polres Wonogiri. “Terjadi di sekitar Pom bensin Sidoharjo. Sebelumnya sama saya, dan Ibu Kapolres bersama 10 anggita Dalmas, kemudian saya bergeser ke Timur. Saat kejadian saya tidak tahu, karena sudah ke Purwantoro,” kata Kasat Intel AKP Purnomo mewakili Kapolres.

Akibat pengeroyokan itu, Kasatreskrim dilarikan ke RS de Oen Solobaru. “Kondisi persisnya saya belum tahu, masih dirawat di RS dr Oen,” terangnya. (baguss)