Keracunan Indikasinya Dari Sambal atau Ayam Kremes

0 139

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Kasus keracunan masal yang diduga dari makanan ayam goreng kremes telah ditetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB). Hal itu disampaikan Kepala DKK Kabupaten Wonogiri dr Adhi Dharma, Rabu (29/5/19) di kantornya.

Baca Juga ; Pasca Yasinan, 67 Orang Keracunan , 1 Tewas

“Ini kejadian massal. Untuk itu, kita tetapkan sebagai KLB,” katanya. Kini, DKK telah mengirimkan sampel sisa makanan dan muntahan ke Labkes Dinkes Prov Jateng.

Makanan terdiri dari ayam goreng kremes, sambal, lalapan timun dan daun pepaya. Makanan ringan kroket, air sumber di rumah Edy Mukhayat di Batukidul Baturetno.

Dari keterangan yang dikumpulkan tim DKK, sementara kungkinkan penyebab keracunan dari sambal dan ayam goreng kremes, dan atau dari bahan baku yang telah diolah. “Sambalnya, bahan baku dari pasar, dicuci, digoreng setengah matang, lalu diblender, lalu digoreng lagi,” kata dr Adhi Dharma.

Baca Juga : Ini Nama-Nama Korban Keracunan

Sementara itu, jumlah korban keracunan DKK telah mencatat ada 93. Bisa bertambah. Karena tidak hanya berdasarkan jumlah pesanan ayam goreng kremes, yaitu 100 paket. Tetapi setiap bisa jadi dikonsumsi lebih dari satu orang, sekeluarga. Juga ada pelanggan lain, yang kebetulan pada hari itu juga mengkonsumsi. (baguss)

error: Content is protected !!