Ini Rahasia Perolehan PKB Naik 200 %

0 279
Sekretaris DPC PKB Kabupaten Wonogiri

INFOWONOGIRI.COM-SELOGIRI-Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi salah satu dari beberapa Parpol yang meroket pada Pemilu 2019 di Kabupaten Wonogiri.

Partai yang didirikan Abdul Rahman Wahid (Gus Dur) ini, berpeluang meraih tiga kursi dari 50 kursi yang tersedia diDPRD II Wonogiri. Pada Pemilu 2014 silam, PKB hanya meraih 1 kursi.

Berdasarkaan data -senmentara- internal DPC PKB Kabupaten Wonogiri, tiga kursi itu diraih Dapil 3 (Slogohimo, Bulukerto, Puhpelem, Purwantoro, Kismantoro). Total perolehan suara partai dan Caleg adalah + – 5300 suara. Caleg yang berpeluang menduduki kursi adalah Sunarno meraih + – 1352 suara. Sunarno adalah Ketua Tanfidz DPC PKB Wonogiri.

Kursi kedua disumbangkan dari Dapil 4 (Jatisrono, Jatiroto, Tirtomoyo, Batuwarno, Karangtengah). Total suara partai dan caleg adalah + – 6500. Caleg penyumbang suara terbanyak adalah Suparmo (70th) yaitu 1518 suara.
“Dia caleg petahana dari Dusun Gowok Desa Jatirejo Kecamatan Jatiroto,” kata Witanto Sekretaris DPC PKB.

Sedangkan peluang kursi ketiga diraih
Dapil 5 (Baturetno, Giriwoyo, Giritontro, Paranggupito, Pracimantoro). Suara partai dan caleg adalah + – 9500. Caleg yang berpeluang menduduki kursi dewan adalah Abdullah SAG meraih + – 4.969. Dia caleg debutan asal Dusun/Desa Sambiroto Kecamatan Pracimantoro.

Witanto berpendapat, beberapa faktor pendongkrak prestasi PKB adalah ketertiban administrasi. Steuktur pengurua hampir komplit di seluruh Desa/Kelurahan. “Pengurus Kecamatan (DPAC) komplit. Pengurus ranting hampir 40%,” kata Witanto, Kamis (2/5/19).

Faktor lain adalah kekompakan semua Caleg. Tidak ada egoisme antar Caleg. Caleg terpilih juga memiliki ketokohan. Seperti Suparmo adalah “dukun manten”, tokoh pendidik dan budaya, selain itunjuga petahana. Sedangkan Abdullah adalah Ketua DPAC PKB Pracimantoro, sekaligus tokoh pengusaha perabot rumah tangga asal Kabupaten Demak.

Sementara itu sampai Jumat (3/5/19) Komisioner KPU Kabupaten Wonogiri masih melakukan Rekapitulasi Perhitungan Suara Pileg 2019 Tingkat Kabupaten. Rekap baru mendapatkan 9 Kecamatan dari 25 Kecamatan. (baguss)