Giliran Caleg Golkar Terciduk Politik Uang

0 1.674

Bawaskab Joko Wuryono, Ali Mahbub dan Panwascam | Foto istimewa

INFOWONOGIRI.COM-PUHPELEM-Politik uang itu nyata. Ada. Bukan sekedar isyu. Seperti bau atau aroma saja. Bisa terbuktikan.

Seperti temuan Bawaslu Kecamatan Puhpelem. Berawal dari informasi dua warga masyarakat, ada dua orang tim sukses dan Caleg Partai Golkar dilaporkan telah melakukan politik uang.

Adalah Jumari (timses) warga Dusun Ngledok Desa Giriharjo Kecamatan Puhpelem. Adalah Hamid Kurniawan SE Caleg Nomor Urut 10 Partai Golkar Dapil 3. Alamat Caleg Dusun Ngledok RT 01 Rw 01 Desa Giriharjo Kecamatan Puhpelem.

Jumari kedapatan membagikan amplop isi uang pecahan Rp.50.000 dari rumah ke rumah. Jumari terindikasi mengarahkan penerima uang agar memilih Hamid Kurniawan SE.

“Ada info dari dua warga setempat. Nama warga kita rahasiakan. Karena informan tidak mau melaporkan. Maka dijadikan temuan Panwascam Puhpelem. Terlapor satu membagikan uang door to door di Dusun Ngledok, pada 5 April 2019,. Hari ini batas tetakhir, tapi kita sudah terima bukti lengkap, ” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Wonogiri Ali Mahbub.

Nama-nama saksi penerima sudah terdata. Mereka menerima masing rp.50 ribu. Selanjutnya, ada warga lain menggalang para penerima uang politik untuk menyerahkan ke Panwascam. Namun belum terdata.

Laporan telah memenuhi syarat. Dan, telah diregistrasi dengan nomor: 03/TM/PL/Kab/14.34.V/2019 tertangal 15 April 2019

Selanjutnya Bawaskab Wonogiti akan klarifikasi saksi, pelapor dan terlapor sesegera mungkin. Antara lain, Bawaskab akan melakukan klarifikasi di Panwascam Puhpelem. Agar terperiksa lebih dekat jaraknya dari pada ke Bawaskab. (baguss)