Episode Pemeriksaan Camat Purwantoro Dimulai

0 432
Camat Purwantoro Joko Susilo saat diperisksa Bawaslu | foto Istimewa

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Episode Pemeriksaan Camat Purwantoro Joko Susilo sebagai terlapor kasus pidana politik telah dimulai, Senin (15/4/19) di Kantor Bawaslu Kabupaten Wonogiri.

Joko Susilo hadir sekira pukul 09.00 Wib. Dia datang mengenakan pakaian dinas harian (PDH). Dia tidak sendirian. Dia didampingi teman. Tetapi bukan Pengacara. Melainkan teman biasa, sama sama mengenakan PDH.

Ketua Bawaslu Ali Mahbub menyatakan, pihaknya mengklarifikasi terkait Video Camat Purwantoro yang berpidato di hadapan sekitar 100 anggota PPDI se Kecamatan Purwantoro. Dalam pidatonya, Joko Susilo mengarahkan anggota PPDI memilih Capres Jokowi, Caleg Bambang Pacul, dan Anggota DPD nomor 26 dan seterusnya.

Kepada Bawaslu, Joko Suilo mengakui dialah penyelenggara acara “Sarasehan PPDI Kecamatan Purwantoro” adalah dirinya. Pun, undangan ditandatangani dia. “Undangan 100 lebih. Yang datang sekira 70%. Katanya acara itu inisiatif PPDI,” kata Ali Mahbub.

Camat Purwantoro Joko Susilo saat diperisksa Bawaslu | foto Istimewa

Hampir semua apa yang dipertanyakan Bawaslu diakuinya. Sebagaimana apa yang terekam di video itu. Namun ada satu yang tidak diakui. Isi pidato itu murni inisiatifnya. Bukan perintah atau pesanan Bupati Wonogiri. “Biar ada pengaruhnya. Biar anggota PPDI terpengaruh,” kata Ali Mahbub mengutip pejabat ASN itu.

Camat Purwantoro, kepada Bawas, juga mengakui bahwa pernah ada pertemuan Pejabat ASN di Hotel Solo. Menurutnya Sarasehan PPDI tidak terkait dengan acara di Solo itu.

Dari klarifikasi itu, Bawaslu baru akan menyimpulkan setelah Rapat dengan Gakumdu, Senin malam (15/4/19). (baguss)