Dianggap Melanggar, KPU Diruwat Dengan Sholat & Bakar Kemenyan

0 2.679

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonogiri didemo belasan orang. KPU diruwat dengan sholat, dibakarkan kemenyan dan mandi kembang.

Mereka pengunjukrasa hadir sekira pukul 10.00 Wib Senin (22/4/19) di Kantor KPU Giriwono Wonogiri. Adalah KRT. Sariman Budoyonegoro (Calon Anggota DPRD Wonogiri Dapil V PB), KRT. Sukiman Sawungrono Manggoloyudho. MNg. Saidi Prasetyo. RT. Mulyono Dipuro. Nyi Lurah Karsih Subektyo, Tumiyati, Sarwono dan Sunarto HS.SE.

Mereka menyampaikan aspirasi terkait kinerja komisioner. Selain disampaikan secara verbal. Juga disampaikan melalui aksi teatrikal. Yaitu menggelar tirakatan atau ruwatan atau berdoa dengan tradisi dan budaya mereka.

Ada gerakan menyeprupai ibadah agama Islam seperti sholat. Mengenakan sarung, jas seragam Anshor, berkopyah dan menggelar sajadah. Tampak gerakan berdiri, duduk, sujud. Dengan posisi menghadap kiblat.

Aksi itu dinamai “Solidaritas dan Aksi Keprihatinan serta Doa Bersama dan Ruwatan”. Dilakukan Tim Relawan 007 (Posko Salak 1/1 Tubokarto Pracimantoro Wonogiri) Korlap Sunarto HS.SE,

Sebagai penyelenggara Pemilu Pileg dan Pilpres 2019, komisioner dianggap telah melakukan pelanggaran. Yaitu salah memasang tiga foto kader PB sebagai peserta pemilu di Dapil 5 (Pracimantoro, Giritontro, Paranggupito, Giriwoyo, Baturetno).

Mereka yang dirugikan adalah Sariman, Suharmi dan Asep Jaenuddin Sutomo. Nama nama mereka dipasang dalam DCT yang dipasang di TPS Pracimantoro. Namun foto-foto mereka dipasang orang lain. Diketahui tanggal 14/4/19 tiga hari menjelang pemungutan suara. Sudah diinformasikan ke KPU dan Bawaslu. Namun tidak disikapi profesional. DCT atas nama mereka menjadi rusak.

Akhirnya mereka resmi melaporkan ke Bawaslu. Bawaslu telah selesai menggelar rapat pleno. Hasilnya KPU dinyatakan bersalah. (baguss)