Caleg Gerindra Terciduk Politik Uang, Stres

0 1.691
Lambang Purnomo | Foto Istimewa

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Calon Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri Lambang Purnomo sedang terciduk kasus politil uang (money politik).

Lambang dilaporkan telah membagi-bagikan amplop isi uang pecahan Rp.50.000. Berjumlah kurang lebih 30 amplop. Dibagikan kepada warga Wonoboyo Minggu (7/4/19) di rumah Sarjono warga Wonoboyo Wonogiri.

Nahas saat itu ada pihak yang mengetahui. Lalu melaporkan ke Bawaslu Wonogiri. Pelapor adalah Jokp Santoso warga Wonoboyo Wonogiri.

Laporan diterima Bawaslu Senin (8/4/19). Barang bukti berupa rekaman video dan uang jutaan diamankan Bawaslu. Pelapor saksi dan terlapor telah diklarifikasi.

“Terlapor sudah diperiksa 10 April. Klarifikasi sudah memenuhi syarat. Tinggal menyerahkan ke Gakumdu,” kata Ketua Bawaslu Wonogiri Ali Mahbub, Kamis (11/4/19) di kantornya. Selain itu, Lambang menyelenggarakan acara itu tampa surat tanda terima pemberitahuan (STTP) ke Polres Wonogiri.

Sehingga kasus Lambang yang juga petahana Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Wonogiri itu telah memenuhi unsur pidana politik uang. Saksi yang melengkapi pemeriksaan adalah Hafapi dan Ariyo, warga Wonogiri.

Terpisah, Lambang mengakui semua tuduhan itu. Menurutnya, dia telah terjebak. “Ada yang merekam, saya tidak tahu. Uang itu sebenarnya kan saya bagikan kepada pekerja saya sendiri. Saya stres mas. Bingung! ujar Lambang. Asal tahu, Lambang adalah pengusaha toko bangunan di Wonogiri Kota. (baguss)