Kepala BKD; Saya Belum Pernah Pindahkan Guru Inisial HM

0 319

Puluhan siswa SMPN 1 Slogohimo menggelar akai unjukrasa | Foto Istimewa

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) berinisial HM memang betul betul belum tersentuh penegak hukum.

Selain tidak atau belum diperiksa polisi. Dia juga belum diperiksa Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Permyataan itu disampaikan langsung Kepala BKD, Haryono, Selasa (12/3/19) di kantornya, di kawasan Kantor Bupati Wonogiri.

“Saya merasa belum pernah memidahkan itu,” katanya berulang ulang. Sepengetahuanya, HM adalah guru pegawai negeri sipil (PNS/ASN) di SMPN 1 Kecamatan Puhpelem.

Jika faktanya HM telah atau pernah pindah tugas mengajar di SMPN 1 Sologohimo dan kemudian pindah lagi di Bidang PNFI Dikbud Kabupaten Wonogiri adalah bukan kerjaan BKD.

Menurutnya itu adalah kebijakan internal Dinas Pendidikan & Kebudayaan, sebagai organisasi yang membawahi guru dan sekolah SD dan SMP. “Kalau (nyatanya HM sudah pindah) itu sementara. Sifatnya internal. Kalau memindahkan pegawai lintas dinas, itu kewenangan Bupati melalui BKD,” kata Haryono.

Haryono yang didampingi stafnya, membenarkan telah menerima laporan. Laporan itu terkait ulah “guru saru”. Laporan itu menurutnya dari pegawai Kantor Dikbud Kabupaten. Namun secara detil Haryono tidak faham apa problematiknya. Baca Juga : Kasus Oknum Guru “Saru” Belum Tersentuh Hukum

Data di BKD tercatat jelas, HM adalah PNS holongan Penata 3C sebagai guru Bahasa Inggris di SMPN 1 Puhpelem. Usianya kelahiran tahun 1965. Laporan Dikbud tertanggal 24 Pebruari 2019, diterima BKD tanggal 4 Maret 2019. “Isi laporan berbunyi penyelesaian kasus itu,” kata stafnya.

Asal tahu, ratusan siswa SMPN 1 Slogohimo melakukan unjukrasa, Sabtu (26/3/19) silam. Mereka prihatin ulah “guru saru” itu terhadap siswi. Bahkan siswa terang-terangan menolak diajar guru itu. (baguss),