Diperkirakan Ada Ratusan PJU Mati

0 136
Salah satu PJU Sollar Cell mati di wilayah Semen Jatisrono | Foto Baguss

INFOWONOGIRI.COM-SELOGIRI-Terdapat ratusan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di wilayah Kabupaten Wonogiri dalam keadaan mati, tidak menyala.

Jumlahnya ditaksir mencapai lebih dari 294 unit/tiang. Angka itu dihitung jika setiap Desa/Kelurahan se Kabupaten Wonogiri ada satu PJU yang mati.

Diperkirakan setiap Desa/Kelurahan yang mati lebih dari satu unit. Contoh di Giriwono Wonogiri Kota ada tiga unit. Di Desa Semen Jatisrono ada 4 Unit. Di Kelurahan Wuryorejo ada 2 unit.

Di wilayah Kabupaten Wonogiri selama tiga tahun berturut-turut membangun (memasang) lampu PJU, merata di seluruh Desa/Kelurahan se Kabupaten Wonogiri.

Untuk jumlah PJU Solar Cell ada 1.502 unit. Rincianya dibangun pada tahun 2017 346 unit. Total anggaran Rp.15 milyar. Tahun 2018 ada 815 unit total anggaran Rp.35 Milyar. Tahun 2019 telah dianggarkan Rp.13,5 Milyar. Jumlah unitnya belum diketahui. Karena belum dikerjakan. Total anggaran Rp.63,5 Milyar.

Jumlah itu belum termasuk anggaran dari Pemerintaj Pusat. Tahun 2017 Wonogiri ada pemasangan 341 unit PJU Solar Cell anggaran dari Kementrian ESDM RI. Namun Dihub Kabupaten Wonogiri tidak mempunyai datanya, sehingga tidak diketahui jumlah PJU-nya.

Sudarno mengakui terdapat banyak PJU Sollar Cell yang mati. Sudarno juga tidak membantah soal jumlah. Bahkan, angka itu belum termasuk PJU yang dipasang tahun-tahun sebelumnya. Juga belum termasuk PJU Listrik (manual) pengadaan dari PLN.

“Namanya barang elektronik, pasti ada yang mati. Kita terima jadi. Pemasangan dilakukan oleh perusahaan,” katanya. Untuk PJU yang dipasang tahun 2017, sampai saat ini masih masa garansi lampu. Sedangkan yang dipasang tahun 2018 masih masa perawatan.

Sudarno mengaku telah menyampaikan secara lisan maupun surat, tentang kondisi PJU di Wonogiri. Namun hingga saat ini belum direspon perusahaan maupun dari konsultan. Yaitu PT Total Daya Bandung dan PT Sumber Energi Bumi Indonesia. (baguss)