38 Caleg DPR, DPD & Pimred Dilaporkan Serentak Langgar Pidana Pemilu

0 465

INFOWONOGIRI.COM-NASIONAL-Ada 38 Caleg DPD, DPR RI, DPR Kabupaten/Kota/Provinsi dan Pimpinan Redaksi (Pimred) media massa dilaporkan ke Bawaslu RI, Jumat (29/3/19).

Para terlapor beda Parpol, berada di Daerah Pemilihan (Dapil) Pusat dan Daerah yang berbeda-beda tingkatan, dan ada yang se-Dapil/Parpol. Pelapor adalah Bagus Sarengat warga Wonogiri Jawa Tengah.

Para terlapor diduga telah melakukan tindak pidana kampanye dan atau beriklan melalui media masa di luar jadwal, sebelum tanggal 24 Maret 2019. Sesuai jadwal KPU RI telah ditetapkan waktu beriklan di yaitu mulai 24/3 s/d 13/4 mendatang.

Perincian terlapor terdiri dari 28 Caleg dan 8 Pimred. Pelapor telah menyerahkan barang bukti media massa dan identitas diri terlapor dan saksi. Diterima petugas, Subhan Kurnia. Tercatat dan ditandatangani dengan nomor 06/LP/PL/RI/00.00/III/2019.

Dijelaskan, setelah laporan diregistrasi, Bawaslu akan memberikan informasi lanjutan tetkait laporan itu. Bawaslu mempunya waktu 14 hari kerja untuk gelar perkara, klarifikasi dan penyidikan terhadap saksi dan terlapor. Dalam kurun waktu teraebut, Bawaslu akan menginformasikan apakah laporan bisa dilanjutkan atau tertolak. (Bagus Sarengat/pelapor)