Penebangan Pohon Turus Jalan Provinsi, Tidak Transparan

0 233
penebangan di sekitar SPBU Sidoharjo | Foto Baguss

INFOWONOGIRI.COM-SIDOHARJO-Belakangan, sejak memasuki musim hujan, di beberapa titik dilakukan penebangan pohon turus jalan di wilayah Kabupaten Wonogiri.

Antara lain di wilayah Ngadirojo, Sidoharjo, Jatisrono dan di Jatipurno. Di tiga wilayah masuk wilayah Provinsi Jateng. Sedangkan di Jatipurno masuk wilayah Kabupaten Wonogiri.

Pantauan IW Rabu (13/2/19) penebangan di sekitar SPBU Sidoharjo. Di sana ada puluhan pohon yang ditebang. Tampak Giyanto sebagai petugas pengamat jalan mengawasi penebangan itu.

Wilayah Giyanto mulai dari Pokoh Wonogiri, Ngadirojo, Sidoharjo, sampai Asem Legi Jatisrono. Ke timur sampai Biting Purwantoro adalah wilayah pengamat Jalan Tukimun.

Pengamat Jalan, Pengawas, Mandor dan pekerja tampak sibuk melakukan itu. Tak satupun berkenan memberikan data detil. Mereka mengatakan tidak berani memberikan data. Dia menyarankan ke kantor saja.

Kabarnya pemenang lelang adalah Edi Sarwono. Namun belum diketahui alamat dan kontak personya. Dikatakan petugas lapangan, penebangan dilakukan pemenang lelang atas surat perintah kerja (SPK) dari Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi (Binmacipkar) Jateng wilayah Surakarta.

penebangan di sekitar SPBU Sidoharjo | Foto Baguss

“Yang ditebang adalah pohon yang membahayakan. Karena lapuk, keropos, meembahayakan pengguna jalan, atau karena ada permohonan dari masyarakat. Sebagian ada permohonan dari PLN,” kata salah satu petugas. Namun tidak mau menyebut jumlahnya.

Sementara dua pegawai Binmacipkar yang dikonfirmasi via WA tidak merespon positif. (baguss)

error: Content is protected !!