Majlis Hakim Bisa Memanggil Dokter Puskesmas Diperiksa

0 284
Wakil Ketua PN Wonogiri Lingga Setyawan | Foto Istimewa

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Majlis hakim Pengadilan Negeri Wonogiri mempunyai wewenang untuk memanggil dokter Puskesmas Slogohimo untuk dihadirkan ke Persidangan dalam perkara Rahmat Mujiono terdakwa pasal 167 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP).

Pasal itu mengatur tentang Memaksa Memasuki Rumah Orang Lain Tampa Hak. Seperti yang didakwakan kepada Caleg Partai Gerindra Dapil Jateng 4 ini.

Muji pernah tidak hadir dalam persidangan tiga kali. Dua kali diantaranya menggunakan surat sakti, Surat Keterangan Dokter Puskesmas Slogohimo.

Jika saat sidang yang akan tidak hadir lagi, dengan surat sakti lagi, maka Majlis Hakim bisa memanggil paksa dokter Puskesmas Slogohimo itu.

“Saya sudah sampaikan warning (peringatan) kepada jaksa untuk memanggil dokternya,” kata Lingga Setyawan Ketua Majlis Hakim perkara itu. Dokter dimaksud adalah dr Inggit Wulan. Pada persidangan Selasa (12/2/19) lalu Inggit Wulan memberikan keterangan Rahmat Mujiono harus istirahat tiga hari. “Kalau dokternya seperti itu terus, akan kita panggil,” kata Lingga yang juga wakil ketua PN Wonogiri ini.

Baca Juga : Terdakwa Caleg Geridra Kembali Gunakan Surat Sakti

Menurut Lingga, dalam dunia dunia medis, ada ukurannya, pada kondisi seseorang diharuskan beristirahat dalam waktu tiga hari. “Kalau hanya sakit gatal gatal kulit, masa sih harus istirahat?. Seseorang diharuskan istirahat ada ukurannya secara medis,” tegasnya.

Namun sayangnya tidak ada tanggapan dari yang bersangkuta. Rekan sesama dokter dan juga Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kab. Wonogiri dr Martanto juga belum memberikan keterangan. Chat via WA belum direspon. (baguss)