Gapoktan Sri Rahayu Sukses Ciptakan Pupuk Organik Cair

0 196

Kunjungan dari Forkompenab dan Pt.Biotek | Foto baguss

INFOWONOGIRI.COM-GIRITONTRO-Gabungan Kelompok Petani (Gapoktan) Sri Rahayu Kelurahan Giritontro Kecamatan Giritontro berhasil menciptakan pupuk organik cair.

Pupuk organik itu telah sukses diujicobakan untuk menyuburkan tanaman padi tampa menggunakan pupuk kimia. Yang membanggakan, pupuk tersebut berhasil diujicobakan di lahan pertanian tadah hujan, yang kebetulan daerah tandus (bukan lahan subur). Yaitu di wilayah Kelurahan Giritontro.

Pencipta pupuk organik itu adalah Sarimin, warga Kelurahan Giritontro yang kebetulan sebagai Ketua Gapoktan Sri Rahayu. Pada Minggu (24/2/19) Sariman kedatangan para pemerhati pertanian dari Sukoharjo, Karanganyar, Solo dan Boyolali.

Dijelaskan, tampa merahasiakan sedikitpun, cara membuat pupuk organik. Bahan bakunya adalah kotoran sapi (tletong), air kencing sapi, air sumur atau air hujan (air tidak mengandung kaporit), dan cairan fermentasi. Semua bahan bahan itu diaduk menjadi satu. Lalu didiamkan sekira 15 hari.

“Kotoran sapi itu kita kumpulkan tiap hari, lalu kita fermentasi. Dua minggu kemudian kita semprotkan langsung ke tanaman padi. Hasilnya tanaman menjadi subur dan hijau,” kata Sarimin sambil memamerkan tanaman padinya di wilayah Giritontro.

Sarimin ketua Gapoktan Sri Rahayu |Foto Baguss

Sarimin mengatajan, telah lama menggunakan pupuk organik sejenis, tampa pupuk kimia. Hasilnya, selain berasnya enak dan pulen, juga lebih hemat biaya pemupukan.

Eko Prasetyo salah satu warga turut bangga dengan kreatifitas Ketua Gapoktan Sri Rahayu. Gapoktan memiliki ratusan anggota. Beberapa diantaranya telah mengikuti langkahnya.

“Saya itu ingin petani itu gak pakai pupuk kimia, minimal mengurangi penggunaan kimia. Jadi petani tidak tergantung dengan kimia. Pelan tapi pasti,” kata Eko Prasetyo.

Kemarin Ketua Forum Komunitas Pembela Nasib Buruh (Forkompenab) Boyolali Rohimin, Roby Setyawan perwakilan PT Biotek Agri Lestari Karanganyar (penyedia pupuk dan padi impago), CV Berkah Dalem Semarang, dan penyedia bibit sereh merah Abi Timbul Sukoharjo hadir melihat langsung hasil pertanian milik Sarimin. Mereka berencana akan menjalin kerjasama mengembangkan padi impago dan sereh merah. (baguss)

error: Content is protected !!