KPU Tidak Anggarkan Untuk Polres Wonogiri

0 286

Perjanjian kerjasama antara KPU Wonogiri dengan Polres Wonogiri | Foto Istimewa

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-KPU Kabupaten Wonogiri tidak menganggarkan dana untuk Polres Wonogiri dalam rangka pengamanan Pemilu Legislatif dan Pilpres 17 April 2019 mendatang.

Hal itu dikemukakan Ketua KPU Wonogiri Toto Sihsetyo Adi, Senin (14/1/19) di kantor KPU Wonogiri. Dijelaskan, Toto, anggaran pengamanan sudah dianggarkan pemerintah pusat melalui Polri. Namun Toto tidak mengetahui nominal anggaran itu.

Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati SIK MSi sudah dikonfirnasi, namun belum ada tanggapan.

Soal lain, Toto mejelaskan, mulai tanggal 14 Januari secara resmi telah ditandatangani kerjasama pengamanan Pileg-Pilpres antara KPU-Polres Wonogiri. Hadir Kapolres bersama para Kabag/Kasat jajarannya.

Hadir pula Kasatpol PP dan Linmas Kabupaten Wonogiri Waluyo, Kepala Kesbangpol Sulardi, dan Bawaslu Ali Mahbub.

Kasubag Humas Kompol Hariyanto SH merilis, Pola pengamananya adalah 2, 12, 24. Dua personil polisi untuk mengamankan 12 TPS dibantu 24 anggota Linmas.

Kembali ke Toto, secara umum, menurut Toto wilayah Wonogiri relatif kondusif. Namun bukan berarti tidak ada tantangan. Kendalanya adalah TPS banyak berada di wilayah yang luas dan jauh.

Jumlahnya belum detil. Untuk itu, pihaknya akan mengidentifkasi TPS rawan Kamtibmas atau kebencanaan. Nantinya, lokasi TPS yang rawan dipindahkan ke lokasi yang aman. Diperkirakan TPS itu ada di Kecamatan Tirtomoyo dan Jatiroto. (baguss)