Beberapa Caleg Gagal Paham Soal APK & Gak Koordinasi Parpol

0 524

Tim gabungan Bawaslu Kabupaten Wonogiri dan Satpol PP menurunkan 295 APK milik Caleg | Foto Istimewa

INFOWONOGIRI. COM-KOTA-Beberapa Caleg terindikasi gagal paham tentang aturan pemasangan dan penambahan alat peraga kampanye (APK) di wilayah setiap tingkatan. Sehingga terjadi banyak pelanggaran. Selain itu banyak Caleg tidak kordinasi dengan Parpol pengusung.

Tim gabungan Bawaslu Kabupaten Wonogiri dan Satpol PP menurunkan 295 APK milik Caleg beberapa Parpol, di 15 Desa di Kecamatan Wonogiri Kota.

“Ini hasil pengawasan kerjasana Komisioner Bawaslu, KPU, Satpol PP, Kesbangpol linmas, Panwaslu Kecamatan dan Panitia Pengawas Desa,” kata Ali Mahbub Ketua Bawaslu.

Sebelum ditertibkan, Bawaslu telah mengingatkan 3 x 24 Jam, namun tidak digubris. Bahwa pemasangan alat peraga dilarang di tempat umum. Jumlah penambahan APK dibatasi. Baliho, paling banyak 5 buah di desa/kelurahan. Spanduk maksimal 10 buah di desa/kelurahan.

“Pemasangan APK adalah Parpol peserta pemilu, bukan hak masing-masing caleg. Sejauh ini pelanggaran masing-masing caleg memasang alat peraga kampanye tanpa koordinasi Parpol pengusung,” kata Ali. (baguss)