Waspadai Kehilangan Mayat

0 1.425

Warga melakukan penjagaan Makam di Pracimantoro | Foto Baguss

INFOWONOGIRI.COM-PRACIMANTORO-Belakangan ini makam di Dusun Trukan Desa Jimbar Kecamatan Pracimantoro dijaga oleh dua sampai tiga orang.

Penjagaan dilakukan sejak sore sampai dini hari. Terutama, apabila ada jenazah yang baru dimakamkan di pemakaman umum setempat.

Menurut informasi yang berkembang, penjagaan dilakukan dalam rangka menjaga keamanan agar mayat yang baru tidak hilang.

Sebagian khawatir, jika tidak dilakukan pengamanan, mayat yang baru dikebumikan akan hilang.

Seperti yang dilakukan keluarga Doni, warga Trukan Rt 01 Rw 04 Desa Jimbar Pracimantoro. Belum lama ini, Ibu Kandungnya, Tukini (53th) meninggal dunia Rabu 5 Desember 2018. Karena khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan atas jenazah ibunya, maka dia melakukan pengamanan makam ibunya.

Karena tidak memungkinkan penjagaan dilakukan sendiri / keluarganya, maka Doni menggunakan jasa tetangganya. “Ada tiga orang yang menjaga makam setiap sore sampai pagi hari,” kata Doni.

Selain membayar jasa “kerja” Doni juga harus menyiapkan makanan siap santap dan minuman siap tenggak. “Ya camilan, ya kopi, teh, ya makan malam juga,” kata Doni Setiawan.

Menurut Doni pengamanan dilakukan minimal 10 malam. Bahkan ada yang selama 40 malam berturut. Selain itu lokasi tempat mayat dimandikan juga dijaga. (baguss)

error: Content is protected !!