Ini Kesaksian Penjaga Malam Makam Di Trukan Pracimantoro

0 1.593
Warga melakukan penjagaan Makam di Pracimantoro | Foto Baguss

INFOWONOGIRI.COM-PRACIMANTORO-Namanya, Katino als Ambon (47th) alamat Dusun Trukan Rt 01 Rw 04 Desa Jimbar Kecamatan Pracimantoro.

Katino dimintai tolong keluarga Doni, menjaga makam almarhumah ibunya, Tukini. Tukini (almh) meninggal Rabu Wage (5/12/18). Rencana 12 malam, sejak malam itu sampai Senin malam (23/12/18). Bagi yang lain, antara 7, 10, 15, sampai 40 hari.

Katino berjaga bersama Saimo (58th) dan Sukandi (55th). Yaitu mulai pukul 17.00 sd 06.00 Wib. Katino dkk berjaga-jaga di lokasi tengah makam, dekat dengan tempat tidur panjang Tukini.

Ketika menjalankan tugas, Katino dkk tidak tidur. Tetapi selalu terjaga. Untuk berteduh jika terjadi hujan, Katino dkk telah membuat gubuk. Gubuk sederhana yang bisa dipindah-pindah sesuai kebutuhan. Katino juga merasa tidak takut.

Untuk melawan rasa dingin angin malam, Katino mengenakan pakaian lengan panjang dan berbekal sarung. Tidak kalah penting adalah air panas untuk menyeduh teh atau kopi. Makan ringan dan berat juga tersedia. Semua itu disediakan keluarga almarhumah. Dilengkapi lampu penerang ala kadarnya.

Warga melakukan penjagaan Makam di Pracimantoro | Foto Baguss

Katino menceritakan, bahwa sekira 40 hari silam, pernah terjadi ada mayat yang hilang. Yaitu mayat Wakino (70th) warga setempat. Saksinya Ngandut (38th) warga Dusun Kranding. Ketika itu, dia sedang mencari bekicot, malam hari, melihat harimau membawa mayat. “Macan beneran, membawa pocongan. Ketika dicek terdapat lubang di makamnya,” katanya. (baguss)

error: Content is protected !!