Dulu…75% Pasien Ganguan Jiwa RSJ Dari Wonogiri

0 163

INFOWONOGIRI.COM-GIRIWOYO-Dahulu, pasien gangguan jiwa Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) dr Arif Zaenudin Surakarta didominasi dari Kabupaten Wonogiri.

Prosentasenya mencapai 75% dari jumlah penghuni RSJ. 25 % lainnya dari Kabupaten/Kota lain se Surakarta. Sekelumit data itu disampaikan Wakil Direktur RSJD, Warno Selasa (12/12/18) di hadapan ratusan warga Desa Tirtosuworo Kecamatan Giriwoyo.

“Dulu pasien RSJD 75% dari Wonogiri,” kata Warno saat menyampaikan sambutan mewakili Direktur RSJD. Dalam pelayanan RSDJ mengutamakan senyum. Bahkan penghuninya banyak yang suka senyum senyum.

Ketika dikonfirmasi, data detilnya, Warno tidak berkenan memberikan data detilnya. Katanya itu data tahun 1988. “Itu data tahun 1988,” katanya. Data terupadate juga tidak disampaikan.

Kini RSJD tidak hanya melayani pasien sakit jiwa. Tetapi juga melayani pasien umum. Fasilitas sudah relatif lengkap. Gedungnya mirip hotel berbintang.

Pada kesempatan ini, dia datang bersama rombongan. Terdiri dari Ust. Ardiyan selaku Pengasuh PP Al Amanah, Pengurus Alumni 212 Wonogiri, dan Ust Suyono Kordinator Bin Rois. Kehadirannya memberikan paket sembako untuk 100 warga, dan buku tulis untuk siswa/i SDN 3 Tirtosuworo.

Sementara Sutarmi mewakili Kades Tirtosworo mengucapkan terimakasih atas kepedulianya. Menurutnya, meski wilayahnya sudah sering diguyur hujan, namun kebutuhan air bersih belum mencukupi. Apalagi untuk pertanian. Acara ditutup dengan tausiyah disampaikan oleh Ust. Ardiyan. (baguss)