Jasa Pengetikan Gugatan Cerai di Sekitar Pegadilan Agama

0 436

 

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Di sekitar Kantor Pengadilan Agama (PA) Wonogiri terdapat jasa pengetikan gugatan cerai. Setidaknya ada tiga orang dan satu lembaga yang melayani jasa itu. Tisya membuka layanan jasa di kios foto kopi di halaman SDN 6 Wonogiri. Endah, di sisi utara SDN 6 Wonogiri. Dan Arin, di ruko sisi barat SDN 6 Wonogiri.

Jasa pengetikan semua berbayar. Tisya memasang tariff Rp.50 Ribu. Endah dan Arin mamasang tariff Rp.100 ribu. Tisya mengaku baru menjalani 6 bulan. Dia bekerja menjalankan perintah pemiliknya, berinisial Mn. Tapi ia tidak tahu berijin atau tidak.

Endah mengakui sebagai “marketing”. Yaitu mencari orang yang sedang berperkara, kemudian diarahkan untuk membuat gugatan cerai di tempatnya. “Saya hanya kerja, tidak tahu ijin atau tidak,” kata istri anggota Dharmayukti (istri PNS di Pengadilan Agama) ini. Sedangkan Arin bekerja di Lembaga Bantuan dan Konsultasi Hukum Kasimun & Rekan.

Terpisah, Kasimun berpendapat profesi advokat atau LBH boleh menyelenggarakan jasa konsultasi hukum dan ber-acara. Sesuai pasal 1 ayat 1 dan 2 UU no 18 tahun 2003, dan UU nomor 16 tahun 2011. Bahwa Advokat, Paralegal dan anggota LBH boleh memberikan jasa hokum, termasuk membantu menyusun gugatan perdata,replik dan duplik.

Di Kantor PA Wonogiri juga terdapat Pos Bantuan Hukum (Posbakum) PBHPeKA (Perhimpunan Bantuan Hukum Peduli Keadilan) dari Surakarta. Melayani konsultasi bantuan hokum bagi masyarakat tidak mampu, secara gratis.

“Mahakamah Agung melalui Pengadilan Agama menganggarkan Rp.24 juta untuk melayani jasa hokum bagi masyarakat kurang mampu. Meliputi pembuatan gugatan dan konsultasi hokum, gratis,” kata Anis, Kasubag Personalia & Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) PA Wonogiri. Sedangkan jasa pengetikan dan konsulatasi hokum di luar Posbakum, Anis tidak berkenan mengomentari. (baguss)