Gara-Gara Lilin Rumah Terbakar

0 139

INFOWONOGIRI.COM-GIRIWOYO-Gara-gara menyalakan lilin lupa dimatikan, sebuah rumah terbakar dan mengakibatkan seorang anak menantu luka-luka.

Peristiwa musibah itu dialami keluarga Hanifah (56th) petani alamat di Dusun Bibit Rt 01Rw 10, Desa Tukulrejo, kecamatan Giriwoyo Kabupaten Wonogiri.

Perustiwa itu dilaporkan ke pihak Mapolsek Giriwoyo Minggu (2/9) dan diteruskan ke Mapolres Wonogiri.

Kaapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede SIK MIK melalui Kasubag Humas AKP Hariyanto SH menjelaskan, kebakaran terjadi Jumat (31/8) malam lalu, sekitar pukul 20.15 wib.

Dalam peristiwa kebakaran itu, menantu Hanifah mengalami luka bakar, yaitu yang bernama Anik (30th). Dia terluka pada kaki kanan dan tangan kanannya akibat terbakar percikan api.

Kronologinya, pada malam itu, terjadi pemadaman jaringan listrik. Kemudian menantu Hanifah, menyalakan Lilin. Lilin tersebut ditaruh di atas kusen pintu kamar. Kemudian Anik beranjak tidur. Setelah Lilin itu habis kemungkinan sisa Lilin yang masih menyala, jatuh di atas tumpukan pakaian yang berada di dekat pintu. Karena pemilik rumah tertidur lelap, sisa api dari lilin membakar pakaian dan barang barang yang ada di sekitar. Pemilik rumah baru terbangun karena panik. Korban berteriak minta tolong, kemudian tetangga sekitar datang membantu memadamkan api. Beruntung api berhasil dijinakkan oleh warga masyarakat dengan alat alat seadanya. Sehingga tidak membakar seluruh rumah semi permanen itu.

Akibat dari kebakaran tersebut kerugian materiil kurang lebih Rp. 9 juta. Disebabkan sebagian bangunan rumah yang terbuat dari kayu dan bambu, pakaian, tempat tidur, dan perabot rumah tangga terbakar.

“Sebagian dinding tembok dan atap tidak sempat terbakar, karena warga berhasil memadamkan,” kata Hariyanto. Saksi pertama dalam peristiwa itu adalah Janto (40 th) dan Warmin (38th) petani, keduanya beralamat di Dusun Bibit Rt 01 Rw 10, Desa Tukulrejo, Kecamatan Giriwoyo. (baguss)