Konsorsium BUMN Tawarkan MoU BUMDes Kab Wonogiri

0 166
tiga pihak bermusawaran membahas MoU kerja sama BUMDes Kab Wonogiri dg PT MBN digasilitasi Dinas PMD Wonogiri

INFIWONOGIRI.COM-KOTA-Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se Kabupaten Wonogiri mendapatkan tawaran kerjasama dari PT Mitra BUMDes Nusantara (MBN) dalam bidang pemasaran produk dan jasa.

Penawaran disampaikan perwakilan PT MBN Solihin dan Slameto beserta timnya kepada Ketua Persatuan BUMDes Indonesia (PBI) Kabupaten Wonogori Anang yang juga Ketua BUMDes Desa Munggung Kecamatab Baturetno, dan Saryanto Ketua PBI Nasional (Ketua BUMDes Desa Pindul Wonosari DIY) di Kantor Dinas PMD Wonogiri, kemarin. Hadir Kepala Dinas PMD Kabupaten Wonogiri Semedi Budi Wibowo beserta staf.

Dijelaskan Solohin, bahwa PT MBN adalah konsorsium Badan Usaha Milik Negara. Antara terdiri dari pernagkan plat merah, Pertamina, Bulog dll. “Kami Ingin kerjasama menyalurkan produk unggulan masing masing Desa yang telah mempunyai BUMdes. Dengan siatem bagi hasil. Dengan prosentase 49 % untuk PT MBN dan 51 % untuk BUMDes,” kata Solihin.

Rencana kerjama itu, lanjut Solihin, harus di-MoU-kan. Agar kedua belah pihak sama sama mampu menjaga kepercayaan dan profesionalisme usaha dan bisnis. Sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

Dijelaskan, PT MBN akan memasarkan produk BUMDes. Sedangkan BUMDes wajib memasarkan produk-produk MBN (BUMN).

Anang dan Saryanto prinsip bersedia dengan tawaran tersebut. Akan tetapi, dia tidak gegabah, memutuskan sendiri. Pihaknya akan menyampaikan kepada pengurus BUMDes Kabupaten dan anggotanya. Sehingga keputusanya nanti menjadi kebijaakan kolektif. “Kita juga akan bahas bersama anggota, apa apa saja produk yang layak dipasarkan skalla regional, nasional dan internasional,” kata Anang.

Saryanto mengingatkan, secara pribadi, ia tidak mau jika kawan-kawan BUMDes justru menjadi obyek pemasaran PT MBN. “Kami ingin menjual produk kami di Desa-Desa, jangan kami disuruh belanja produk BUMN,” kata Saryanto.

Sementara itu Semedi Budi Wibowo, merasa menambah suplemen baru dengan kedatangan tim PT MBN. Pasalnya penawaran serupa pernah datang dari BUMN beberapa tahun lalu. Namun belum ada tindaklanjutnya.
Kini pihaknya akan menyampaikan kabar baik itu kepada Bupati, sekaligus meminta petunjuknya. Apakah MoU itu nantinya antara lembaga Pemkab atau OPD dIbawah Pemkab, atau dengan BUMDes.

Mengingat, lanjut Medi, panggilan Kadinas PMD, secara kelembagaan BUMDes baru memiliki ijin SK Kades, belum memiliki ijin pemerintah nasional. Dari 251 Desa se Kabupaten Wonogiri baru 136 Desa yang telah memiliki BUMDes. Sembilan diantaranya BUMDes Berasam. Di Kecamatan Girimarto (5 Desa) dan di Kecamatan Paranggupito (4 Desa). (baguss)

error: Content is protected !!