Berkas Kasus Politik Uang Dilimpahkan ke Polisi

0 273
Penyerahan berkas Penyidikan Kasus money politik Pilgub Jateng oleh Panwaslu ke Satreskrim Polres Wonogiri, Sabtu (30/6/18)

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Berkas laporan dugaan money politik (politik uang) dilimpahkan ke Polres Wonogiri, Sabtu (30/6/18) sore. Berkas diserahkan Ketua Panwaslu Ali Mahbub, didampingi Joko Kiswanto dan Isnawati Sholehah.

Hadir pula Bawaslu Provinsi Jateng Sri Sumanta selaku Divisi Organisasi dan SDM. Berkas diterima tim Gakumdu Polres Wonogiri AKP M. Kariri SH.MH didampingi dua penyidiknya, Mustain dan anggotanya.

Ali Mahbub mengemukakan, Panwaslu memutuskan meneruskan perkara itu ke penyidik kepolisian. “Hasil rapat pleno semalam, memutuskan melimpahkan perkara ke Polisi,” kata Ali Mahbub.

Kasus tersebut dilaporkan Riyadi (45th) alamat Dusun Tempel Desa Sidorejo Kecamatan Tirtomoyo. Dalam perkara itu ada dua terlapor, yaitu Isbani (62) alamat Pundungan Sidorejo Tirtomoyo pensiunan guru PNS, dan Fathoni (65 th) alamat sama, pekerjaan wiraswasta.

“Terlapor mengaku mendapat amanat dari pak Anding Sukiman untuk membagikan zakat mal,” kata Ali Mahbub. Pembagian zakat mal dilakukan Minggu (24/6/18) bertepatan hari tenang pertama. Barang yang dibagikan kaos bergambar Cagub/Cawagub nomor urut 2, 10 kaos, uang Rp. 50 ribu berjumlah 30 amplop.

Kaos dan uang itu dibagikan terlapor, Isbani. Sedangkan Fatoni saksi yang saat itu bertindak memimpin doa tahlil dan ceramah. Dalam ceramah itu ada pesan bernada politis. Yaitu menyampaikan profil paslon nomor urut 2 dan mengarahkan memilih cawagup nomor 2. (baguss)