Jika Salah Jangan Marah Diingatkan Tetangga

0 360
Kultum Subuh H Martanto 1-5-18

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Berbahagialah kita sebagai umat Islam, tahun ini berjumpa lagi dengan bulan Romadhan.

Banyak peristiwa mendadak, yang menyebabkan umat Islam tidak bisa berjumpa dengan bulan puasa tahun ini. Beberapa peristiwa mengejutkan terjadi. Bom meledak di Mako Brimob Jakarta dan di Surabaya. Kematian mendadak dialami Gogon si pelawak eksentik, Bupati Tegal yang juga dalang Kondang Entus Suswono, dan juga anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD II Wonogiri Suratno.

Mereka adalah umat Islam. Mereka tidak bisa berjumpa bulan romadhan. “Karena itu kita harus berbahagia dan bersyukur bisa kembali menjalankan puasa romadhan tahun ini,” kata H Martanto pada kuliah 7 menit subuh berjamaah Kamis (17/5/18) di masjid Al Furqon Donoharjo Wuryorejo Wonogiri.

Ini beberapa hikmah bulan romadhan.

1) Barang siapa yang berbahagia bertemu romadhan, maka jasadnya diharamkan dari api neraka.

2) Makan saat sahur dan buka puasa mendapatkan pahala berlipat ganda. Karena itu diperintahkan menyegerakan buka puasa dan mengahirkan makan sahur. 3) Pahala ibadah sunah diganjar sebagaimana pahala ibadah wajib. Sedangkan ibadah wajib dilipatkan 10 kali lipat.

4) Tidurnyapun menjadikan pahala. Tetapi tentunya, tidurnya yang memenuhi syarat, waktu dan tata caranya. Dengan tidur, paling tidak bisa mengurangi perbuatan tercela, hibah, fitnah dan tindakan yang tidak bermanfaat.
5) Niat berbuat baik mendapatkan pahala. Sedangkan nait jahat tidak menjadi dosa.

“Masalahnya, kita mau berbuat baik atau tidak. Ini sahrul barokah, sahrul maghfiroh. Allah membebaskan umatnya memilih berbuat baik atau jahat. Allah menyediakan surga dan neraka. Manusia boleh memilih,” kata Martanto.

Dia mengajak jamaah Al Furqon untuk saling mengingatkan dalam kebenaran dan kesabaran. Dia mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran. “Ampun duko, menawi salah dielingaken tonggone,” ungkasnya. (baguss)

error: Content is protected !!