Hek wedangan Jaman Now….Shase Wonogiri

0 917

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Di kawasan Perumahan Wonokarto terdapat warung bernama “Wedangan SHASE”. Warung itu beralamat di Jl Gatot Subroto Nomor 100 Wonokarto. Warung ini adalah milik Endang Rejeki asal Dusun TandonDesa Pare Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri.

Endang menceritakan, usahanya ini terbilang beluml lama. Baru berjalan sekira setahun. Sebelumnya sudah pernah buka warung yang sama, di sisi utara warung yang sekarang ditempati. Alasan perpindahannya, karena tempat usaha yang lama sempit, berukuran sekira 4 x 4 m2.

Sedangkan tempat usaha yang sekarang lebih luas dibandingkan tempat lama. Tempat usaha sekarang memiliki luas 400 m2 lebih. Tampak muka lebar 12 m kali luas 9 M2 = 432 m2. Tempat sekarang bisa menampung 200 pengunjung secara bersamaan. Baik lesehan maupun duduk di kursi.

Mahasiswi STAIMAS jajan di Wedangan ShaSe Wonokarto

Endang menuturkan, ide awal usaha ini berawal dari pertemuan Endang dengan sahabat lamanya, di SMA PGRI Wonogiri. Sahabat lama itu bernama Antok. “Perpisahan” Endang-Antok sejak mereka lulus dari bangku sekolah. “Ketemu lagi ya sekitar setahun lalu,” tutur Endang. Asyik yaaa….

Pertemuan itu membawa berkah. Tidak hanya dapat melepas rindu. Tetapi juga membawa hoki. Keduanya sepakat membuka warung hek (hik). Warung tempat wedangan, jagongan, atau nongkrong sambil ngemil atau makan. Maka dibuatlah warung Wedangan ShaShe. Singkatan dari Sahabat Setia.

mahasiswi STAIMAS jajan di Wedangan ShaSe Wonokarto

“Ide awalnya kayak wedangan tapidibuat yang modern.  Tempatnya luas, freeWiFi, ada karoke. Lalu cari kontrakan yangbisa untuk wedangan, ya di sini ini. Nilai kontrak Rp.15 setahun. Kebetulan pas pengontrak lama, pindah,” kata Endang tersenyum ceria sambil membungkus nasi bancakan, has Hek ShaSe.

Dulu, di tempat yang lama, katanya,banyak pengunjungnya, namun pelayanan minuman keteteran. Karena tempat sempitdan jumlah tenaganya terbatas. Ide kedua, Endang mengaku belajar dari warung hek dan warung lesehan lainnya. Kemudian dia adopsi dan dikombinasi.

Dari sekian banyak menu racikannya. Yang paling laris adalah nasi bancakan. Menu lain ada. Seperti bubur lemu, nasi gudek, nasi pecel, nasi rames, nasi tihwul. Namun menu-menu itu kalah laris dengan menu nasi bancaan. Ada juga menu lain. Menu nasi sambel teri, nasi bandeng, sambel telur, nasi goreng. Soal harga relative.

Ada aneka sundukan, aneka gorengan. Minumannya susu carup, jahe mrican, jahe kepyar, beer thokder, kopi glodok, bandrek, the/esteh, susu/es susu, tape/es tape, jeruk/es jeruk. Kalau belum tahu beberapa jenis minuman itu, ya penjelasannya datang dulu baru tahu jawabannya.  Warung ini buka mulai pukul 16.00 – 23.00 Wib. (baguss)