Fungsi Kontrol BPD Lemah

0 240
Bambang Muladi Kabid Pemdes Dinas PMD Kab. Wonogiri

INFOWONOGIRICOM-KOTA–Peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) lemah dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai wakil masyarakat.

Padahal sesuai perintah undang undang, posisi dan kedudukan Anggota BPD sangat vital. Sebagai kontrol, pembawa aspirasi dan penyeimbang jalannya pemerintahan desa.

Fakta itu disampaikan Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Wonogiri Semedi Budi Wibowo, melalui Kabag Pemerintahan Desa, Bambang Muladi.

“BPD berfungsi sebagai kontrol penyelenggara Pemdes. Anggota BPD juga harus bisa menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa. Karena anggota BPD utusan dari Dusun-dusun. Agar pemerintahan desa berjalan baik,” kata Bambang.

Namun, faktanya, fungsi dan peran BPD tidak berjalan baik. Keberadaannya, hanya sebagai “pelengkap”. Dampaknya, roda Pemdes tidak berjalan seimbang. Buktinya, terjadi penyimpangan Kades / Perangkat Desa.

Contoh di Desa Songbledek Paranggupito. Di Jaten, Nambangan Kecamatan Selogiri. Di Slogohimo. Di  Tremes Kecamatan Sidoharjo. Di Desa/Kecamatan Girimarto.

error: Content is protected !!