Tunanetra Tak halangi Kuliah Bahasa Inggris, Lulus Cumlaude

0 590


INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Seorang wanita tuna netra asal Wonogiri baru saja meraih gelar sarjana Sastra Inggris dengan predikat Cumlaude di Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Gelar kehormatan itu diraih warga Kecamatan Selogiri karena mendapatkan nilai IPK 3,73. Wisuda digelar 11 April lalu di Hotel Patrajasa Semarang. “Anak saya satu satunya yang difabel, dari 504 wisudawan.

Wanita tunanetra itu bernama Agus Sri Giyanti warga asli Dusun Blewah Desa Gemantar Kecamatan Selogiri.
Seperti apa kisahnya. Sabtu (21/4/18) reporter INFOWONOGIRI mengunjungi rumahnya. Namun yang bersangkutan tidak ada di rumah.

Agus Sri Giyanti

INFOWONOGIRI ditemui kedua orang tuanya, Suwanti (47th) – Gimin (49th). Suwanti mengatakan, anak pertama dari tiga bersaudara itu, pergi ke Bandung, dalam rangka menerima penghargaan lomba penulisan Surat Inspirasi Kartini dalam rangka hari Kartini, 21 April 2018.

Suwanti menceritakan, anak barepnya itu kuliah sejak tahun 2014 pada Fakultas Ilmu Budaya, dengan jurusan Bahasa Inggris.

Sri, mengalami tunanetra tidak sejak lahir. Baru mengalami pada tahun 2007, keika itu dia baru saja lulus ujian di SMKN 1 Sukoharjo.

Faktor penyebabnya, sebelum mengalami kebutaan, Sri menderita sakit panas. Berlanjut sakit cacar air, dan gejala DB. “Sempat mondok di rumah sakit” katanya. Ternyata berlanjut menyerang saraf mata, dan mengakibatkan tidak dapat melihat.


Akibanya, Sri murung, stres dan galau. Karena saat itu belum bisa menerima kadaan. Dia mengurung diri berbulan-bulan.

Suatu ketika datang petugas Dinas Sosial Solo, mengajak belajar ketrampilan 3 tahun. Jalan terang mulai lapang. Sri mendapatkan beasiswa kuliah dari PRTUNI (Persatuan Tuna Netra Indonesia).

UDINUS lah lembaga pendidikan PT yang bisa menerima mahasiswa Ingklusi. Sampai ia lulus. Selama kuliah, banyak prestasi diraih. Pasca lulus, iapun banyak ditawari peluang pekerjaan. Termasuk di luar negeri. Inilah Kartini Selogiri. Takpernah menyerah dengan kondisi. (baguss) –

error: Content is protected !!