Smapaga Gelar Workshop & Pentas Wayang Beber

0 252

INFOWONOGIRI.COM-PARANGGUPITO-Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Smapaga mengadakan serangkaian acara dalam rangka memperingati hari Kartini Sabtu (21/4/18) di halaman Smapaga.

Diawali dengan upacara diikuti 50 siswa, dilanjutkan ceremonial dengan iringan music gamelan. Inti acara Workshop dan Pementasan Wayang Beber Tani dari Komunitas Wayang Beber Wonogiri.

Adapun pemateri Workshopnya adalah Mas Faris yang menyampaikan dan memperkenalkan salah satu budaya asli Indonesia yang kini terancam punah. Menurutnya wayang Beber merupakan wayang peralihan dan wujud akulturasi budaya jawa dan Islam yang harus dipertahankan agar jati diri bangsa ini tetap terjaga.

Melalui wokshop peserta diharapkan memahami materi secara teori dan praktik. Pada kesempatan itu juga dikenalkan proses pembuatan wayang beber yang cukup sederhana dibanding pembuatan wayang-wayang yang lain.

Di penghujung acara ditampilkan pagelaran wayang Beber oleh Ki Dhalang Qohar Dwi Hatmono asli Paranggupito bersama komunitas Wayang Beber dari Desa Johunut. Ini merupakan wujud kreatifitas sekaligus kegiatan positif guna mengisi peringatan hari Kartini.

Peringatan kali ini dihadiri Camat Paranggupito, Drs. Eko Nur Haryono, MM dan dimeriahkan pembacaan puisi Kartini dan penampilan Band sekolah. “Belajar kembali budaya bangsa akan membantu kita mengenali jati diri yang kian tergerus oleh budaya asing,” kata pak Camat.(rill)

error: Content is protected !!