Sertifikat Belum Jadi Sejak 2013, Ini Kata Notarisnya

0 448
kantor notaries Sri Sustyani

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Lambatnya proses penyertifikatan turun waris yang dialami pemohon Mulyoto warga Slogohimo akhirnya mendapatkan tanggapan. Asal tahu, Mulyoto megajukan berkas sejak tahun 2013, namun sampai 2018 ini belum jadi sebagian.

 Tanggapan pertama disampaikan pengurus Ikatan Notaris Indonesia (INI) Kabupaten Wonogiri. Ketua INI Kabupaten Wonogiri Budi Rihartini berpendapat, jangka waktu sejak tahun 2013 sampai 2018 belum jadi, menurutnya terbilang lambat.

“Ini (2013-2018) menurut saya lambat,” kata Budi Rihartini. Idelanya proses penyertifikatan turun waris idealnya setahun. Paling lama 1,5 tahun sampai 2 tahun, itu sudah maksimal. Dengan catatan, kata Budi, berkas lengkap dan buku tanah ada di kantor ATR/BPN.

Soal besarannya biaya penyertifikatan dari pemohon kepada pejabat notaries, menurutnya relative, tergantung masing masing pejabat notaries dan pemohon, dan tentunya harus melihat situasi dan kondisi wilayah.

Jika ternyata lambatnya penyertifikatan mengakibatkan pembengkakan biaya dan atau kerguian bagi pihak pemohon, hal itu, kata Budi Rihartini, seyogyanya dibahas kembali. “Itu bisa menjadi tanggungan notaries,” katanya.

Terpisah, Sri Sustyani menjelaskan, lambatnya penyertifikatan turun waris disebabkan banyak factor. Pertama, jumlah turun waris ada sembilan nama. Dari ke sembilan nama itu, tersisa dua nama yang selesai. Dengan demikian, Notaris sudah bekerja.

Factor kedua, awal mula permohonan diajukan berkas belum lengkap. Sehingga merepotkan, pejabat notaris untuk melengkapinya. Factor ketiga, terjadi miskomunikasi, terkait status tanah pertanian. Tanah pertanian hanya bisa dimiliki oleh warga satu kecamatan.

“Ada dua nama ahli waris yang belum jadi, atas nama Markati dan Jumini tidak bisa, karena ahli waris masih hidup, maka dicabut,” kata Sri Sustyani. Pemohon didampingi Nano setelah dipertemukan dengan notaris, akhirnya disepakati perrubah nama penerima waris. (baguss)

error: Content is protected !!