Mantan Kades & Kadus Ditahan Karena Kasus Ijasah Palsu

0 563


INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede telah menetapkan tiga orang menjadi tersangka kasus pemalsuan ijasah.

Mereka adalah Herunowo, Sarjiman dan Kasmo. Ketiganya dijerat pasal 264 KUHP tentang pemalsuan ijasah (fakta otentik). Ketiga orang disidik dalam berkas yang berbeda.

Baca Juga : Mantan Kades Dan Dosen Diduga Terlibat Pemalsuan Ijasah

Herunowo dan Sarjiman diberkas dengan pasal 264 ayat ke 1. Sedangkan Kasmo diberkas dengan pasal 264 ayat ke 2. “Ayat pertama tentang pembuat (pemalsu) fakta otentik. Sedangkan pasal ke 2 pihak yang menggunakan fakta otentik,” kata Kapolres melalui Kasatreskrim AKP Muhammad Kariri SH.MH, Selasa (24/4/18).

Latar blakang Herunowo adalah mantan Kepala Desa, dan mantan dosen hukum perguruan tinggi swasta. Sarjiman adalah Kepala Dusun Bakalan Desa Pracimantoro. “Sarjiman kemudian mengundurkan diri, lantaran kasus ijasah palsunya terbongkar,” terang Kasatrskrim.

Pasal tersebut mengatur ancaman pidana penjara bagi para tersangka selama maksimal 8 tahun. Ketiga tersangka belum bisa diklonfirmasi langsung. Sebab jabatan Kasat Tahti sebagai penanggunjawab tahanan saat ini kosong. Kanitnya juga tidak ada di tempat.

Sementara istri salah satu tersangka, yang juga anggota Panwas Kecamatan, mengatakan, bahwa suaminya tidak sejahat apa yang dituduhkan polisi. Menurutnya, suaminya hanyalah korban. Alasanya dia hanya diajak salah satu temannya, yang disebut-sebut sebagai pelaku inti. “Pelaku utamanya, belum diangkap. Suami saya bukan pelakunya,” kata istri salah satu tersangka.

Versi istri tersangka, Kasmo adalah pemakai ijasah palsu itu. Dia menyuruh Jiman (Sujiman) untuk mencari info tentang ijasah palsu. Terus Jiman menemui Herunowo. Herunowo menyampaikan kepada temannya berinisial Nn. Nn kemudian menyampaikan ke tmannya berinisial Nd. “Dua orang itu juga sampai saat ini belum ditahan,” katanya. (baguss)

error: Content is protected !!