Kwalitas Aspal Jalan Wonogiri Diteliti Tim Gabungan

0 585

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Beberapa hari ini, kwalitas jalan aspal atau jalan hotmix di Kabupaten Wonogiri ditliti atau diperilksa.

Tim peneliti atau pemerilksa adalah tim auditor lembaga Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jateng. Turut mendampingi pegawai Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Wonogiri, Suharno dan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Wonogiri Didik.

Suharno tidak menjelaskan secara detil pekerjaan apa saja yang dilakukan Tim BPK Perwakilan Jateng. “Tim pemeriksa dari BPK Jateng. Ini pemeriksaan rutin tahunan,” kata Suharno.

Sementara itu, Didik Sudarmadi selaku Kepala Seksi Bina Marga DPU Kabupaten Wonogiri mengemukakan, beberapa ruas jalan yang diteliti adalah di wilayah Kelurahan Wonokaro, yaittu Jl Bima 1, Yudistiro 1, Yudistiro 4, Yudistiro 7, Jl Dewi Sartika Wonokarto, Jl KS Tubun, Jl Gandul menuju ke Kantor KPU Wonogiri, Jl Pudak III Bangjo Pasar Pokoh ke selatan, dan Jl Mondro Mino,

“Hari ini Jl Kantil, Jl Menur 1 dan 2, dan Jl Kartini,” kata Didik mewakili Kepala DPU Sri Kuncoro.

Menurut Didik, Tim BPK telah memeriksa ketebalan aspal/hotmik dan density kadar aspal (campuran). Cara menelitinya, tim mengambil sampel aspal dari bahu jalan untuk diteliti di laboratorium.

Reporter IW mempertanyakan, kenapa kwalitas jalan hotmik/aspal, belum setahun sudah banyak yang rusak. Seperi mengelupas, berlubang atau bergelombang ? .

Didik menjawab, saat ini masih masa pemeliharaan, sampai bulan Juni mendatang. Seperti yang dikerjakan CV Tiara Konstruksi. Dengan nilai Rp.1,9 Milyar, masa pemeliharaan 6 bulan.

Untuk ruas jalan yang di Wilayah Wonokaro masa pemeliharaan sampai Desember 2018 yang dikerjakan PT Jaya Sempurna Sarana. Nilai proyek lebih dari Rp. 2,5 milyar, maka masa pemeliharaannya 1 tahun.

Menurut Didik, hasil uji lab independen, pengerjaan homik di beberapa ruas jalan di Wonogiri memenuhi syarat. “Sebelum diserahkan ke PPHP kita lihat dari data independen, memenuhi syarat,” kata Didik. PPHP kependekan dari Paniia Penerima Hasil Pekerjaan. (baguss)

error: Content is protected !!