Diduga Belum Ber-IMB Tower BTS Disegel

0 244
Tower yang disegel di wilayah Wonogiri Kota

 

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Di Wonogiri terdapat puluhan menara Base Transciever Station (BTS), beberapa diantaranya diduga belum memiliki ijin mendirikan bangunan (IMB). Beberapa BTS bermasalah telah disegel dan tidak bisa beroperasi.

Sedangkan lain bermasalah tapi tetap beroperasi. Dua BTS yang disegel terletak di Dusun Timang Wetan Desa Wonokerto Kecamatan Wonogiri, dan di Dusun Ngerjopuro Desa/ Kecamatan Slogohimo.

BTS di wilayah Wonogiri disegel Satpol PP. Sedangkan di Slogohimo disegel warga. BTS yang disegel warga terletak di lahan pekarangan milik Hari RT 01 RW 03 Desa Slogohimo Kecamatan Slogohimo. BTS tersebut disewa operator Tri dan Axis.

Hari mengatakan, dia sendiri yang menyegelnya. “Tidak saya aktifkan listriknya, sehingga tidak menyala,” kata Hari. Hari mengaku kecewa lantaran, masa kontraknya sudah habis sejak akhir 2017 lalu, namun sampai saat ini, belum ada kepastian diperpanjang.

Hari mengaku khawatir, dia dan 60 warganya tetanganya tidak diperhatikan. Sebab, jika akan dioperasionalkan kembali, maka harus mendapatkan ijin tetangganya. Tentunya,warga menyetujui jika kompensasinya disepakati.

Kepala Satpol PP dan Linmas Kabupaten Wonogiri Waluyo membenarkan, sedikitnya terdapat 7 menara BTS bermasalah. Namun Waluyo mengaku lupa di mana titiknya. “Antara lain belum memiliki IMB,” katanya. Untuk itu, Waluyo menyegel beberapa BTS bermasalah.

Beberapa BTS yang disegel ada di Wonogiri Kota,  Giritontrolor RT 3/RW 2 Kalurahan /Kecamatan Giritontro. Waluyo mengaku telah memenuhi prosedur penyegelan. Diawali teguran lisan dan tulisan baru disegel.

Pembangunan tampa IMB dianggap melanggar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 20 Tahun 2012 tentang Penataan, Pengendalian dan Pengawasan Menara Telekomunikasi, dan Perda Nomor: 08 Tahun 2016 tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB). (baguss)

error: Content is protected !!