4.697 Daftar Pemilih Tidak Cocok

0 397
Staf Panwaskab Mencermati DPS di Kantor Panwaskab Wonogiri

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaskab) Wonogiri menemukuan ada 4.697 calon pemilih Pemilu Gubernur Jateng 2018 tidak cocok dengan elemen data pemilih yang sebenarnya.

Itu terungkap setelah tim Panwaskab mencermati hasil pencocokan dan penelitian serta uji public daftar pemilih sementara (DPS).

“Panwaslu menemukan 4.697 daftar pemilih yang masih terdaftar dalam DPS pasca pemutakhiran data pemilih.

Sejumlah daftar pemilih tersebut adalah daftar pemilih yang terdapat ketidaklengkapan dan ketidakcocokan elemen data pemilih. Selain itu juga masih ditemukan 125 warga yang belum terdaftar dalam DPS,” kata Kordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Joko Kiswanto (Jokis).

Untuk itu, lanjut Jokis, Panwaslu melayangkan rekomendasi ke KPU Wonogiri untuk segera mengadakan perbaikan sebelum pelaksanaan rekapitulasi DPSHP dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) Pilgub Jateng 2018.

Terpisah, Komisioner KPU Wonogiri Agus Wibowo membenarkan termuan yang dikemukakan Panwaskab. Saat ini KPU Wonogiri terus berusaha menyelesaikan pencermatan dan masukan Pari panwaskab juga masukan masyarakat. Hasil pencermatan Panwaskab menurut Agus, tidak jauh berbeda dari hasil perbaikan daftar pemilih oleh KPU Wonogiri.

“Semua sudah kita tindak lanjuti. Kemarin DPS targetnya memang semua bisa memberi masukan. Masukan Panwaskab sudah diterima. Setelah DPS nanti menjadi DPT berkualitas.

Data dari Kemendagri yang masuk ke KPU RI dan diturunkan ke KPU Wonogiri kita mutakhirkan sehingga terkoreksi semua pihak,” pungkas Agus Wibowo. (baguss)

error: Content is protected !!