Begug Poernomosidi Inisiator Rekor Internasional Bambu Runcing Terbanyak

0 489
Begug mendampingi ketua Veteran Jogja menerima rekor MURI

INFOWONOGIRI.COM – YOGYAKARTA- Begug Poernomosidi baru saja menorehkan prestasi internasional Musium Rekor Dunia Indonesia (MURI). Bupati Wonogiri dua periode (1999-2009) itu menjadi inisiator dipancangkannya bambu runcing terbanyak dunia 1500 batang.

Bambu runcing itu dipancangkan mengelilingi menara Monumen Jogja Kembali (Monjali), Kamis (1/3) lalu, bersamaan acara peringatan Serangan Umum 1 Maret 1949. Rekor MURI tersebut tercatat pada nomor ke 8349.

Begug mendampingi ketua Veteran Jogja menerima rekor MURI

Begug memecahkan pemancangan bambu runcing sebelumnya, yaitu sebanyak 258 bambu runcing pada mobil PT New Ratna Motor tahun 2012.

Pada kesempatan tersebut Piagam Rekor MURI diserahkan Manajer MURI kepada HJ. Soetikno sesepuh Monjali dan KPPA Begug Poernomosidi.

Djaya Suprana sebagai Dirut MURI diwakili stafnya, menyebutkan, Begug Poernomosidi tercatat telah menorehkan prestasi MURI sebanyak 14 kali.

Pemancangan bambu runcing dikerjakan dua hari oleh Mapala UPN Jogjakarta, SAR Sleman, Mahasiswa Taruna AU. Tim Mapala juga memasang bendera merah putih raksasa mengelilingi ujung menara Monjali.

Begug mendampingi ketua Veteran Jogja menerima rekor MURI

Acara berlangsung meriah, diikuti ratusan peserta. Dari Pemda Sleman dan dihadiri langsung Bupati Sri Purnomo, dan Pejabat Forkompina. Acara diawali upacara dan atraksi dua pesawat tempur di atas langit Monjali.

Seusai upacara dilakukan pemutaran film di gedung Monjali disaksikan masyarakat umum, santri, pelajar, mahasiswa dan pegawai Pemda Sleman.

“Ini eksistensi indonesia,masih ada. Bambu runcing adalah simbol perjuangan rakyat Inonesia melawan penjajah. Karena keterbatasan senjata TNI pada waktu itu, rakyat semesta berjuang melawan dengan meruncingi bambu pada ujungnya. Indonesia menang berhasil mengusir penjajah dari Jogjakarta,” kata Sri Purnomo. (baguss)

error: Content is protected !!