Tengkleng Kambing Bu Wakijem, Pernah Dipesan Keluarga Pak Presiden

0 1.435

INFOWONOGIRI.COM-JATISRONO-Warung makan kambing tengkleng Bu Wakijem, tiap pagi hari ramai pengunjung, seperti diketahui pada Sabtu (24/2/18). Warung Makan Tengkleng ini terletak di Jatisrono – Wonogiri. Menempati kios pasar Jatisrono, menjadikan tengkleng Bu Wakijem, tempat strategis bagi kaum penghobi kuliner tengkleng kambing.

Di warung makan yang menempati ruang sekitar 4 m kali 6 m ini, dapat dijumpai beberapa masakan khas jawa, botok, opor, sego ragi dan yang paling unggul diminati para kuliner adalah tengkleng kepala dan kaki kambing.

“Rasanya mak nyus” ungkap salah satu penikmat tengkleng kambing bu Wakijem, seusai menyantap tengkleng kaki kambing.

Aroma dan kepulan asap membuat pengunjung yang antri menetes air liurnya. Seperti tak sabar ingin segera menyantap tengkleng kambing bu Wakijem.

Kuahnya kuahnya terlihat kental, daging dan kulitnya tampak merangsang selera. Tengkleng ini memiliki khas rempah-rempah tradisional jawa yang sudah turun temurun ini sejak nenek moyang.

“Warung tengkleng ini sudah saya buka 40 tahun silam. Dulunya milik ibu saya Mbok Pariyem, kemudian saya teruskan. Jadi boleh dibilang ‘Tengkleng Kambing’, sudah generasi ke-2, “ kata Bu Wakijem menceritakan riwayat warung tenglengnya.

Konsumen tengkleng Bu Wakijem, berasal dari semua kalangan masyarakat. Harga sangat ekonomis. Pada tahun 1996, di era orde baru, Presiden RI ke 2 Soeharto pernah mengundang masakan tengkleng kambing bu Wakijem untuk dihidangkan di pernikahan Tomi Sueharto, waktu itu memasaknya di daerah Pejompongan.

“Masak di tempate Pak Harto, selama 3 hari, sana, honor dari sana mendapatkan 1 motor, “ ungkap Surono salah satu karyawan bu Wakijem.

Selain menjual di warung kios pasar Jatisrono, penghobi kuliner bisa langsung ke rumah Bu Wakijem di RT 5, Sendangrejo – Gondangsari, Kecamatan Jatisrono , atau memesan melalui nomor 082122453171.
Dengan didukung pesona alam yang indah dan aneka ragam masakan kuliner di kabupaten Wonogiri, menjadikan daya tarik wisatawan, selayaknya PAD kabupaten Wonogiri dapat meningkat melalui, sector pariwisata. (mitrorejono)