KPU Kabupaten Wonogiri Ngladeni Pemilih

0 219

INFOWONOGIRI.COM-KOTA– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonogiri menggelar Pencocokan dan Penelitian Daftar Pemilih pada Pilgub/Wagub Jateng Tahun 2018. Gerakan Coklit serentak ini merupakan perwujudan dari Pencananangan KPU Mencoklit SerentakNasional oleh KPU Republik Indonesia.

Coklit serentak akan dilaksanakan Sabtu (20/1/18 seluruh Anggota KPU, PPK, dan PPS masing-masing minimal 5 (lima) Kepala Keluarga (KK). KPU Wonogiri mengusung tema “KPU Kabupaten Wonogiri Ngladeni Pemilih”.

Ketua KPU Wonogiri Mat Nawir menjelaskan, tujuan Coklit serentak adalah mewujudan kualitas daftar pemilih, di mana salah satunya ditentukan  kualitas coklit.  Sedangkan tujuan coklit serentak adalah mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam proses Pemilu pada tahapan pemutakhiran daftar pemilih.

KPU Wonogiri telah menetukan tokoh yang dicoklit serentak. Antara lain Bupati/Wabup  Wonogiri, Ketua DPRD, Mbah Sadiman (peraih Kalpataru), Alifah (Juara olimpiade karate), Ir. Joko Purnomo (Anggota DPRD Provinsi) dan tokoh lainnya.

Untuk Pilgub/Wagub Jateng 2018 jumlah pemilih yang akan dicoklit ada 893.533 pemilih dengan jumlah KK terdaftar per 1 Desember 2017 ada 357.770. Tahapan Coklit ini berlangsung mulai 20 Januari s/d 18 Februari 2018. Melibatkan 125 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), 882 Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan 2033 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Sebaran wilayah 25 Kecamatan, 294 desa/ kelurahan, dan 2033 TPS.

Pemda Wonogiri turut berpartisipasi dengan memerintahkan Kepala Organisasi Perangkat (OPD) sampai RT/ RW untuk turut aktif dalam kegiatan Coklit. “Ini sejalan dengan semangat Pasal 133A UU Nomor 10 Tahun, bahwa Pemda bertanggungjawab mengembangkan kehidupan demokrasi di daerah, khususnya meningkatkan partisipasi pemilih,” kata Matnawir. (baguss)

error: Content is protected !!