Enam Orang Dituduh Mencuri Kayu Sonokeling

0 567

Enam tersangka maling kayu.

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Satreskrim Polres Wonogiri menangkap enam orang yang diduga terlibat aksi pencurian kayu sono keling milik negara pada Rabu (3/1) di wilayah hutan lindung di Dusun Melati, Desa Keloran, Kecamatan Selogiri.

Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede SH.MIK melalui Kasatreskrim AKP Muhammad Kariri SH MH membeberkan mereka adalah Widodo (53) dan Antonius Widayat (46) keduanya warga Timang Wetan, Desa Wonokerto Kecamatan Wonogiri.

Sugiyanto (38) tukang las alamat Cemetuk Lorog Tawangsari Kecamatan Cemetuk Sukoharjo, sebagai penebang atau penjual. Lalu, Sunardi  (40), Sriyanto (32), Lalu Sadimin (61) ketiganya alamat Keloran, Selogiri.

“Mereka kita tangkap saat mengangkut kayu sono keeling di wilayah Bulusulur Wonogiri.  hasil curian diangkut dengan Toyota pic up nopol B 9504 YC,” kata Muhammad Kariri SH.MH. Hasil pemeriksaan penebangan kayu tidak dilengkapi dokumen.

Kasatreskrim mejelaska, Widodo adalah pemilik kayu itu. Kayu itu dibeli dari Sugiyanto. Sunardi dan Sriyanto. Sedangkan Sriyanto seagai “makelarnya”. Polisi menetapkan Widodo da Antonius sebagai tersangka pasal 83 ayat 1 huruf a jo pasal 12 huruf d dan atau pasal 87 (1) huruf a jo pasal 12 huruf k UU RI 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan dan Perusakan Hutan. Ancam pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun dan denda minimal Rp 500 juta dan maksimal Rp 2,5 miliar.

Sedangkan penebangnya, yaitu Sugiyanto, Suardi, Sriyanto, dan Sadimi dijerat pasal 82 ayat (1) huruf  jo pasal 12 dan atau pasal 83 ayat 1 huruf a jo pasal 12 huruf d dan atau pasal 87 (1) huruf a jo pasal 12 huruf k UU yang sama. Ancaman pidana dan sanksi dendanya juga sama. (baguss)

error: Content is protected !!