Diduga Bau Limbah PT RUM Sampai Selogiri

0 678
Proses industri pengolahan limbah PT RUM di Kawasan Industri Nguter (KIN) Kabupaten Sukoharjo.

INFOWONOGIRI.COM-SELOGIRI-Diduga polusi limbah PT RUM di Kawasan Inustri Nguter (KIN) Kabupaten Sukoharjo berimbas sampai ke wilayah Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri.

Antara lain wilayah Desa Sendangijo, Nambangan, Gemantar sampai dengan Singodutan.

Biasanya aroma busuk itu dapat dirasakan pada malam hari, dini hari sampai pagi hari. “Bahunya seperti telur busuk pecah. Ada yang bilang seperti limbah sepitenk rumah tangga bocor,” kata Sukur warga Senangijo.

Hal sama dikemukakan pedagng nasi goreng pertigaan Nambangan. Demikian juga pengakuan Kadus Bakalan Desa Gemantar. “Kadang bau. Kadang tidak, mungkin tergantung angin ya. Kalau anginya ke arah sini, bahunya sampai sini” kata Ibnu R, Kadus Bakalan Desa Gemantar.

Demikian juga warga RT 04 Rw 04 Dusun Kenangan Desa Gemantar. Padahal posisi Dusun Kenangan ada di sisi timur seberang sawah dan di bawah Pegunungan. “Kok masih bahu,” kata Pangat, nama alias.


Ternyata imbas limbah busuk itu sampai di Krisak Desa Singodutan. “Padahal jauh loh, dari sekira 13 KM dari Pabrik RUM, tadinya saya gak ngira itu limbah dari sana,” kata Tono warga Krisak.

Ternyata tetangga Harto juga merasakan bau yang sama. Beberapa warga Selogiri menyatakan akan menyampaikan protes kepada pihak perusahaan itu. (baguss)

error: Content is protected !!