Anggota & Staf Panwascam Ini Terancam Diberhentikan

0 556
Kantor Panwaskab Wonogiri.

INFOWONOGIRI.COM-JATISRONOSejumlah staf dan anggota Panwas Kecamatan terancam diberhentikan. Lantaranterindikasi menjadi anggota partai politik (Parpol) atau menjadi bekerja pada instansi plat merah atau BUMN.

Antara lain Sumadi (27) dan Nita Novia Lestari (24) keduanya warga Desa Tanjungsari Kecamatan Jatisrono. Keduanya diterima sebagai Pegawai di Kantor Desa setempat, pada pengisian perangkat desa belum lama ini.

Kemudian ada yang terlibat menjadi anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) atas nama Ahmad Dwi Artadi Putra. Padahal dia tercatat sebagai anggota Partai Serikat Indonesia (PSI) Kabupaten Wonogiri.

Itu terungkap ketika Panwascam Tirtomoyo melakukan virtual pendataan PSI di wilayah setempat. “KTP-nya kita sandingkan dengan KTA-nya PSI. Dia ada dalam berkas keanggotaan,” terang Ali Mahbub.

Lalu, Riyadi menjadi anggota Panwascam Pracimantoro, padahal diketahui menjadi Pendamping Desa di Giriwoyo dibawah Kementrian Desa (Kemendes) RI.

Sedangkan tiga anggota Panwascam Narno (Puhpelem), dan Titus (Jatipurno) dan Sudarmi (Jatisronoketiganya tercatat sebagai Pegawai di kantor Desa di wilayahnya.

Untuk itu Panwaskab akan mengklarifikasi mereka. Jika terbukti maka Panwaskab akan memberhentikan dan menggantinya melalui Pergantian Antar Waktu (PAW). “PAW harus persetujuan Bawaslu RI. Maka harus memilih salah satu,” kata Ali Mahbub.

Pasal 18 Perbawas PKPU no 12 tahun 2017 menyebutkan salah satu syarat menjadi Penyelenggara Pemilu tidak boleh menjadi anggota Parpol, dan harus membuat surat pernyataan kurangnya 5 tahun sebelumnya. (baguss)

error: Content is protected !!