Piagam Jogja Momentum Pembangunan Koperasi Masa Depan

0 419

INFOWONOGIRI.COM NASIONAL-Bertempat di Grand Keisha Yogyakarta (15/17/12) pengurus dan manajer koperasi Indonesia berkongres dalam rangka membangun koperasi Indonesia yang besar, benar dan mengakar.

Mengusung tema besar Implementasi Teknologi Informasi dan Kerjasama Antar Koperasi Sebagai Jalan Sukses Modernisasi Koperasi Indonesia.

Hadir sebagian besar dari 200 lebih perwakilan koperasi besar di Indonesia. Menghadirkan duta koperasi Indonesia, Dedi Gumelar (Miing Bagito).

Iven Kongres AMKI I Yogyakarta berlangsung meriah dengan 9 mata acara pokok. Antara lain : seminar, forum CEO koperasi, forum manajer koperasi, bedah buku 100 Koperasi Besar Indonesia, Kerjasama Antar Elemen Koperasi, Anugerah Insan Koperasi Indonesia, silaturahmi nasional, pameran produk pendukung koperasi dan peluncuran Layanan Keuangan Digital Koperasi (LKDK).

Antusiasme peserta yang terdiri dari para praktisi koperasi Indonesia terasa sejak acara seminar yang dipandu oleh Miing Bagito pada Jumat (15/12). Miing Bagito sebagai duta koperasi membuka acara dengan kalimat bahwa hilangnya kata koperasi dari UUD 1945 telah memberi ruang pada kapitalisme dan menghilangkan ekonomi kerakyatan sebagai satu sistem ekonomi Indonesia.

Hadir pada sesi pertama seminar antara lain Komarudin Batubara Presdir Koperasi Benteng Mikro Indonesia, Aslichan Burhan (Induk Koperasi JOKN), Bernard Situngkir Direktur IT Inkopdit (Induk Koperasi Kredit), dan Dwi Budi Hermawan Pengawas KBUMP.
Semua sepakat bahwa mau tidak mau suka tidak suka koperasi harus menekankan pada kerjasama antar koperasi dan harus siap masuk pada industri digital.

Pembukaan secara resmi dilaksanakan Sabtu (16/12/17) dibuka oleh Bagus Rachman Asisten Deputi Penyuluhan Kementrian Koperasi dan UKM RI.

Bagus mengatakan masuknya koperasi sebagai pelaku digital adalah keniscayaan. Hadir pula Trisaktiana, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Propinsi DIY mewakili Gubernur, dalam sambutannya mengatakan, kita saat ini masuk pada generasi alpha yang menggunakan android dan digital pada semua aspek kehidupan. (baca berita terkait). (rilis)

error: Content is protected !!