Jumlah Kursi Dewan Tambah 5 Kursi

0 226

INFOWONOGIRI.COM-SELOGIRI-Jumlah kursi DPRD II Wonogiri direncanakan bertambah. Semula 45 kursi, menjadi 50 kursi pada Pemilu Legislatif mendatang.

Terjadinya penambahan lima kursi tersebut, lantaran jumlah penduduk Wonogiri lebih dari 1000.000 jiwa. Tepatnya 1.081.041 jiwa. sebelumnya jumlah kursi dewan 45 unit, dikarenakan pada Pileg lalu, jumlah pemilih di Kabupaten Wonogiri kurang dari 1.000.000 jiwa.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonogiri Bambang Tetuko mengemukakan, di Kabupaten Wonogiri terdapat lima daerah pemilihan (Dapil).

Perincianya Dapil 1 yaitu Kecamatan Wonogiri, Selogiri, Wuryantoro, Manyaran dan Eromoko. Dapil 2: Ngadirojo, Nguntoronadi, Sidoharjo, Girimarto, dan Jatipurno. Dapil 3: Slogohimo, Kismantoro, Purwantoro, Puhpelem, dan Bulukerto.

Dapil 4: Jatisrono, Jatiroto, Tirtomoyo, Batuwarno dan Karangtengah. Dapil 5: Baturetno, Giriwoyo, Giritontro, Paranggupito dan Pracimantoro.

Penambahan kursi terjadi di empat dapil, mines dapil satu. Yaitu Dapil 2 satu kursi, Dapil 3 satu kursi, Dapil 4 dua kursi dan Dapil 5 satu kursi.

“Jumlah pemilih Kabupaten Wonogiri berdasarkan DAK 2 semester I tahun 2014 adalah 1.081.045 jiwa. Data itu pula yang digunakan untuk Pilgub 2018. Pada Pemilu Legislatif juga kemungkinan besar tetap tidak berubah, tetap menggunakan data itu,” kata Bambang Tetuko, salah satu komisioner.

Ditambahkan, data DAK 2 itu masih dalam bentuk draf, namun sudah sesuai dengan data Dispenduk dan Capil Kabuaten Wonogiri.

Draf itu pula sudah ada kesesuaian dengan Kemendagri RI. “Diperkirakan tidak ada perubahan lagi,” pungkas Bambang. (bagusss)

error: Content is protected !!