Inilah Enam Anugerah Insan Koperasi Indonesia

0 287


INFOWONOGIRI.COM -YOGYAKRTA-Pada acara Kongres Asosiasi Manajer Koperasi Indonesia (AMKI) ke I diberikan anugerah insan koperasi Indonesia.

Penghargaan oleh AMKI kepada 6 orang praktisi koperasi inspiratif. Anugerah insan koperasi Pelopor Perempuan penggerak koperasi syariah diberikan kepada Mursida Rambe, Pelopor koperasi pemuda kepada Pendi Yusup, Kreator CSR Koperasi kepada Komarudin Kamaruddin Batubara yang pada tahun 2017 ini telah memberikan rumah gratis kepada 64 anggotanya.

Penghargaan penggerak koperasi kelas dunia diberikan kepada Edi Kartika sedangkan pelopor koperasi karyawan kreatif diberikan kepada Yanuedi Melayanto Ketua Kopkar Bukopin. Sedangkan anugerah Insan koperasi jasa transportasi dengan teknologi terbaik pada Ponco Seno Ketua Koperasi PPRI.

Menutup acara para peserta Kongres AMKI bersepakat untuk mengeluarkan rekomendasi Kongres yang disebut Piagam Jogja.

Dengan 5 pernyataan dasar antara lain : pertama, kerjasama antar koperasi mutlak dilaksanakan untuk memperkuat jatidiri koperasi sesuai prinsip dan nilai koperasi seutuhnya.

Kedua, implementasi teknologi informasi segera dilaksanakan lebih luas agar koperasi Indonesia semakin mempunyai daya saing dalam perekonomian.

ketiga pemerintah harus secepatnya menerapkan pajak khusus yang berkeadilan terhadap koperasi.

Keempat, Koperasi Indonesia harus mengarusutamakan peningkatan kompetensi sumberdaya manusia.

Dan rekomendasi kelima adalah kemandirian koperasi harus dibangun dengan meningkatkan partisipasi anggota dan tata kelola manajemen yang baik.


Sularto Ketua Umum AMKI menegaskan bahwa Piagam Jogja ini perlu dilaksanakan oleh para pegiat koperasi seluruh Indonesia. Dia juga mendorong pemerintah lebih fokus dalam tugasnya membina koperasi. Sularto mengajak semua elemen koperasi untuk menjadikan Piagam Jogja sebagai momentum pembangunan koperasi masa depan. (rilis/bagus)

error: Content is protected !!