Bupati Ancam Perangkat Desa Hasil KKN Diberhentikan

0 428


INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Bupati Wonogiri Joko Sutopo hadir bersama jajaran Forkompinda dan Forkompinca pada acara Pengarahan Perangkat Desa se Kabupaten Wonogiri hasil Pengisian Tahun 2017.

Bupati memberikan kesempatan seluruh hadirin berani melaporkan jika mengetahui terjadi transaksi pada pengisian formasi Perdes.

Menurutnya, di Kabupaten lain terjadi KKN dan tidak transparan dalam pengisian Perdes. “Kalau budaya itu terus dijaga, kita mencederai profesionalisme,” kata Joko Sutopo yang menyebut banyak kader pendukung yang berkepentingan menjadi aparatur desa di Wonogiri.

Untuk itu, Joko Sutopo meyakinkan, pengisian Perdes di Wonogiri berjalan profesional dan berintegritas. “Hasil seleksi 695 semua mengedepankan profesionalitas dan intgritas, tanggungjawab, transparansi dan tidak ada transaksional. Angkat tangan saja silahkan. Kami nyatakan kalau ada yang transaksional kita perintahkan dis,” tantang Joko Sutopo.


Namun taksatupun angkat bicara. Begitu juga ketika dibuka sesi dialog dengan moderator Sekda Suharno.

Joko Sutopo mengingatkan kepada Perdes terpilih, ada problem luar biasa di Wonogiri. Angka kriminalitas berbasis seks meningkat, kekeringan laten tiap tahun, dan zona merah kemiskinan mencapai 12,11 % dari 1,1 juta penduduk Wonogiri.

Maka Pemdes harus turut membantu mengelola dana desa Rp1,6 Milyar agar tepat sasaran. Sebagai tanggungjawab normatif.

Tanggungjawab lain Perdes harus turut menjaga keberagaman Wonogiri. Dia meminta ada kordinasi dan kerjasama baik antar lembaga. (baguss)

error: Content is protected !!