Ini Bencana Alam Terparah Sepanjang Tiga Tahun Terakhir 

0 1.093

INFOWONOGIRI.COM-NASIONAL-Hujan lebat di pengujung Nopember 2017 ini mengakibatkan bencana alam terbesar sepanjang tiga tahun terakhir di Kabupaten Wonogiri.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto telah menetapkan sebagai Darurat Bencana. BPBD mencatat, bencana alam banjir dan longsor akibat cuaca buruk dampak Siklon Tropis Cempaka.

Dampaknya terjadi hujan hingga mengakibatkan terjadi banjir, lopngsor dan pohon tumbang di 144 Desa/Kelurahan dan Dusun di 19 Kecamatan dari 25 Kecamatan yang ada di Kabupaten Wonogiri.

Ke 19 Kecamatan itu adalah Pracimantoro, Nguntoronadi, Wonogiri, Manyaran, Giriwoyo, Karangtengah, Giritontro, Eromoko, Paranggupito, Tirtomoyo, Selogiri, Baturetno, Girimarto, Kismantoro, Batuwarno, Jatiroto, Slogohimo, Sidoharjo, dan Ngadirojo.

Akibat bencana alam tersebut, terdapat dua orang korban meninggal dunia akibat tertimpa rumah dan lumpur, serta dua orang hanyut karena kecelakaan hanyut terbawa arus banjir. (Korban longsor dan hanyut ada di berita lain)

Sedangkan jumlah pengungsi mencapai 1100-an jiwa. Mereka mengungsi karena rumahnya rusak atau  tergenang air dan lumpur. Jumlah rumah rusak mencapai 175 unit, diperkirakan lebih, sebab masih terdapat daerah belum melapor.

“Saya tiga tahun tugas di sini (BPBD), ini yang terparah dampaknya, sepanjang tiga tahun,” kata Bambang Haryanto. Lokasi banjir dan longsor terjadi hampir merata di delapan kecamatan.

Ada tiga jenis banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Wonogiri. Yaitu jEnis banjir bah, banjir genangan dan banjir luweng. Banjir bah disebabkan meluapnya air sungai. Banjir genangan disebabkan saluran tersumbat. Sedangkan banjir luweng disebabkan sumur resapan di kawasan pegunungan yang tertutup/tersumbat. (baguss)

error: Content is protected !!