Capaian Gerakan Nasional Revolusi Mental Sebatas Slogan Politik

0 212

Lembaga Perguruan Tinggi UNS menggelar Fokus Grup Discussion (FGD) dengan tema “Capaian Gerakan Revolusi Mental,” di Hotel Indah Palace Solo

INFOWONOGIRI.COM-SOLO-Lembaga Perguruan Tinggi UNS menggelar Fokus Grup Discussion (FGD) dengan tema “Capaian Gerakan Revolusi Mental,” di Hotel Indah Palace Solo, Selasa (21/11/17).

Acara itu menghadirkan beberapa perwakilan dari Kantor Satpol PP dan Linmas, Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Dinas Kesehatan (DK), LSM Bersatu, INFOWONOGIRI.COM, Sorot Wonogiri, Harian Wonogiri dan beberapa perwakilan dari ormas. Hadir tim peneliti Lilik Listiyanto dan DR. Mulyono ME. Keduaanya memaparkan dan menjelaskan hasil penelitianya, serta merangkum hasil FGD kali ini.

Forum diskusi GNRM ini dianggap relevan mengingat Indonesia sedang menghadapi tiga masalah bangsa. Yaitu wibawa negara sedang merosot. Merebaknya intoleransi, dan melemahnya sendi sendi perekonomian nasional.

Poin utama GNRM yaitu Gerakan Indonesia Melayani, Bersih, Tertib, Mandiri dan Bersatu.

Lembaga Perguruan Tinggi UNS menggelar Fokus Grup Discussion (FGD) dengan tema “Capaian Gerakan Revolusi Mental,” di Hotel Indah Palace Solo

Tujuan dan prinsip Gerakan Refolusi Mental adalah untuk memperbaiki dan membangun karakter bngsa Indonesia, yang mengacu kepada nilai integritas, etos kerja, gotong royong, membangun budaya bangsa yang bermartabat, modern, maju makmur, dan sejahtera berdasarkan pancasila.

Kesimpulan hasil FGD dengan tema capaian Gerakan Rolusi Mental hanya sebatas slogan dan pencintraan politik pemerintah. Gerakan ini  Belum sepenuhnya tersosialisasikan ke masyarakat, dan tidak ditindaklanjuti secara maksimal oleh pemerintah daerah. Pemerintah sendiri tidak memberikan suri tauladan tentang konsep GNRM. Sehingga capaian GNRM tidak bisa maksimal, karena terbatasnya durasi kekuasaan. (baguss)