Kapolda Bantu Air Bersih, Bupati Anggarkan Rp 2 M

0 103
Kapolda Jateng didampingi Kapolres Wonogiri dan Bupati Wonogiri

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Musim kemarau tahun ini terbilang panjang. Sampai akhir Agustus ini belum ada tanda tanda akan datang turun hujan.

 

Dampaknya, wilayah Wonogiri selatan mengalami kekeringan. Antara lain Eromoko, Pracimantoro, Giritontro, Giriwoyo dan Paranggupito.

 

Kapolda Jawa Tengah Condro Kirono, kemarin melakukan bakti sosial bantuan air bersih untuk terdampak kekeringan. Menurut Kapolres Wonogiri Muhammad Tora melalui Kasubag Humas Polres Wonogiri Haryanto mengemukakan, droping air bersih sebanyak 18 tangki.

 

“Secara simbolis sudah diserahkan,” kata Iwan Sumarsono staf Bagian Humas Polres Wonogiri.

 

Terpisah, Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengemukakan, Pemda Wonogiri tahun 2017 ini telah menganggarkan sebesar Rp 2 milyar pertahun untuk mengatasi kekeringan secara permanen. Diiakui tidak mudah mengatasi kekeringan dalam waktu singkat menghilangkan kekeringan sama sekali.

 

Tahun 2018 mendatang, Pemda juga akan dianggarkan dengan jumlah yang sama. “Dasar pemikiran kami adalah, 72 tahun kita merdeka. Tetapi masih ada droping air. Kirim tengki tidak memberikan solusi permanen,” kata Joko Sutopo.

 

Droping air, menurut Bupati, bisa membantu mengurangi beban masyarakat yang mengalami kekurangan air bersih. Tetapi itu hanya berisfat parsial (sementara). Bupati berharap, kedepan akan ada solusi permanen dalam menangani masalah kelangkaan.

 

Di wilayah Paranggupito dan di Giritontro terdapat potensi sumber air bersih yang dapat dimanfaatkan untuk konsumsi masyarakat. (baguss)

 

error: Content is protected !!