Desa Bulusulur Mewakili Wonogiri Sebagai Duta Lingkungan Tingkat Jateng

0 280

INFOWONOGiRI.COM-KOTA-Gegap gempita perayaan HUT Kemerdekaan Bangsa Indonesia masih terasa. Wilayah Kecamatan Wonogiri, Kamis (24/8) menggelar Pawai Budaya dalam rangka memeringayi kemerdekaan tanah air Bangsa Indonesia.

Camat Wonogiri Slameto Sudibyo sebagai penanggungjawab kegiatan, melaporkan, pawai Budaya dalam rangka HUT RI tahun ini, cukup semarak. Takkurang dari 50 kelompok yang mewakili 15 Desa/Kelurahan, instansi pendidikan, pemerintahan dan pengusaha tampil.

Dari sekian banyaknya, peserta perwakilan dari Desa Bulusulur mendapatkan apresiasi positif dari tamu kehormatan dan panitia.

Apa pasal? Karena peserta dari Desa Bulusulur menampilkan peserta paling banyak, dan komplit. Mewakili unsur politik, keamanan, lingkungan sosial, budaya, pertanian, kesehatan dan olahraga. “Bahkan diantara perwakilan Desa Bulusulur, menampilkan komplit lima pilar utama Desa,” kata Camat.
Kelima panca itu adalah Stop Buang Air Besar Sembarangan, Cuci Tangan Dengan Sabun, Pengelolaan Air Minum dan Makanan, Penglolaan Sampah, Pengelolaan Limbah.

“Desa Bulusulur adalah Desa terbaik di bidang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Karena itu, Desa ini terpilih sebagai Duta STBM tingkat Jateng,” kata camat lagi.

 

Sementara Kades Bulusulur Dwi Prasetyo melaporkan, peserta pawai budaya ada 150 orang. Perwakilan dari 10 RW dan 33 RT. Per-RW mengirimkan 10-15 orang, ditambah perangkat Dusun/Desa dan Kader Dusun/Desa.
Setiap perwakilan RW semangat mengikuti Pawai Budaya, karena ada dilombakan di tingkat Desa, namun tim juri juri dari Puskesmas dan Kecamatan Wonogiri.

Ditambahkan Lima pilar STBM Plus. Plus plusnya pemberantasan sarang nyamuk dan penanaman Lumbung Hidup dan Apotik Hidup. Semua RT telah memiliki Lumbung Hidup dan Apotik Hidup. Karena memang itu menjadi Program Desa Tahun 2018, dimana semua harus menyukseskannya.

 

Desa Bulusulur 2018 harus dapat merealisasi program kembali ke ke alam. Masyarakat Desa Bulusulur harus menggunakan dan mengkonsumsi buah dan sayuran milik sendiri serta obat obatan herbal dari produksi warga sendiri.

 

Apotik Hidup, Lumbung Hidup dan K3 (Ketertiban Kebersihan Keindahan) tingkat RT dilombakan setiap saat di Desa Bulusulur.

 

Hasilnya tahun ini juara 1 adalah RT 02 RW 01 Dusun Lemah Ireng, Juara II RT 01 Rw 04 dan juara III, RT 01 Rw 05.

 

“Saat ini Desa Bulusulur selesai jambanissi 100 persen. Karena itu Desa Bulusulur terpilih sebagai Duta Lingkungan Sehat mewakili Wonogiri unutk tingkat Provinsi Jateng,” kata Dwi Prasetyo. Rencana akan dilombakan pertengahan September mendatang di Jateng. (baguss)

 

error: Content is protected !!