Sumarjo Diperpanjang Sebagai Direktur PDAM Giri Tirta Sari Tidak ?

0 340

 

Sumarjo Pelaksana Tugas (Plt) Direktur PDAM GTS Wonogiri.

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Direktur PDAM Giri Tirta Sari Kabupaten Wonogiri Sumarjo telah habis masa jabatanya sejak beberapa bulan lalu.
Kemudian Sumarjo masih dipercaya Bupati Wonogiri ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (PLt) perusahaan basah berplat-merah itu.

 
Masa jabatan PLt adalah 6 bulan. Sumarjo mendapatkan Surat Keputusan (SK) Bupati sebagai PLt Dirut PDAM sejak 22 Februari 2017. Kini Sumarjo tinggal menghitung hari menunggu berakhirnya jabatan PLt. Secara normatif maka jabatan PLt akan berakhir pada 22 Agustus mendatang.

 
Apakah Sumarjo kembali akan menduduki jabatan sebagai Direktur PDAM Giri Tirta Sari secara definitif? Atau diistirahatkan? Atau Sumarjo akan ditunjuk kembali sebagai PLt alias diperpanjang sebagai pelaksana tugas?

 
Nah teka teki itu menjadi pertanyaan berbagai pihak? Terutama keluarga besar PDAM dan para pejabat Pemda Wonogiri. Karena produsen dan penjual air ini tanah ini adalah milik Pemda Wonogiri.

 
Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, untuk menentukan siapa yang layak menjadi Pejabat Direktur PDAM Giri Tirta Sari tidaklah mudah. Karena harus melalui beberapa tahapan. Baik administratif, normatif, pragmatis bahkan politis.

 
Mengingat PDAM adalah perusahaan yang mempunyai nama besar dan membawa kepentingan besar, terutama bagi hajat hidup pejabat dan rakyat Wonogiri.

 
Secara normatif calon Direktur PDAM harus orang yang mempunyai kapasitas dan kredibilitas. Untuk memenuhi dua kriteria banyak di Wonogiri. Tetapi itu saja tidak cukup. Karena calon direktur PDAM harus mempunyai loyalitas. Nah kriteria ketiga itu yang sungguh sulit.

 
Sebab yang dibutuhkan loyalitas kepada rakyat dan sekaligus kepada pejabat. Untuk itu, maka menjadi taruhan Dewan Pengawas (DP) PDAM untuk menyaring calon direktur secara jernih dan jujur.
Namun sayangnya, saat PDAM Wonogiri tidak memiliki DP. Karena DP PDAM telah lebih dulu pensiun (habis masa jabatanya).

 
Adalah Suharno (saat ini menjabat Sekda Wonogiri), Suprapto (Mantan Sekda Wonogiri), dan Subandoro / Bandoro mantan Asisten Setda Wonogiri.
Mereka selesai menjalankan tugas sebagai DP lebih dahulu dari pada Direktur PDAM Sumarjo saat itu. Yaitu sejak pertengahan tahun 2016 silam. (ikuti komen pejabat Pemda Wonogiri ulasan berikutnya). (baguss)

error: Content is protected !!