Bansos PKH Untuk Wonogiri Ditunda

0 231
Sucianto pegawai BNI Wonogiri menunjukan KKS

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Bantuan sosial dalam bentuk Program Keluarga Harapan (PKH) untuk penduduk Wonogiri diperkirakan tertunda.

 
Semula rencananya akan dibagikan pada Kamis (8/6/17) di Pendopo Kabupaten Wonogiri. Akan tetapi Kepala Dinsos dan pegawai BNI menyebutkan pembagiannya ditunda, sampai batas waktu yang belum ditentukan. Barang yang dibagikan adalah Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

 
“Ya rencana tanggal 8 Kamis besok, tapi ditunda. Karena menyesuaikan jadwal bapak Bupati,” kata Kepala Dinsos Suwartono. Hal senada disebutkan Sucianto, pegawai BNI selaku lembaga keuangan yang ditunjuk sebagai mitra Kemensos RI. Suwartono berharap, realisasi pembagian KKS selesai sebelum lebaran 1438H.

 
Pada tahap pertama nanti akan dibagikan kepada 8.225 calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di empat kecamatan. Di Kecamatan Wonogiri 1058 KPM, Pracimantoro 2.475 KPM, Kismantoro 2434 KPM, Purwantoro 2260 KPM.

 
Setiap calon KPM berhak menerima minimal Rp.1.890.000 atau maksimal Rp.2.000.000 selama setahun. Dana bantuan tersebut untuk belnja bahan pokok atau kebutuhan mendesak. Total anggaran yang disediakan untuk KPM di Wonogiri sebanyak Rp.5 Milyar.
Sucianto menambahkan, Calon penerima akan menerima KKS dan buku tabungan. KKS bisa berfungsi sebagai kartu ATM. Bisa digunaka untuk menarik tunai. Sekaligus bisa digunakan untuk belanja di swalayan atau warung yang telah bekerja sama. Sejenis E-Warung BNI/PKH. Agen 46, dan atau Mini ATM portable.

 
Kelebihan KKS selain multi fungsi penggunaannya dapat dipantau. Karena dapat ditraking transaksinya. “Jadi akan ketahuan tepat sasaran atau tidak,” kata Sucianto. (baguss)

error: Content is protected !!