Pungli Setengah Milyar Hanya Disanksi Ringan

0 136
Wakapolres Wawan Purwanto didampingi Sekda Suharno dan Kasi Intel Kejari Triyanto
Wakapolres Wawan Purwanto didampingi Sekda Suharno dan Kasi Intel Kejari Triyanto

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Sedikitnya ada tiga pegawai negeri sipil (PNS) diduga kuat terlibat Pungutan Liar (Pungli) penyertifikatan Proyek Nasional (Prona) di wilayah Kecamatan Tirtomoyo. Selain PNS diduga juga melibatkan perangkat Desa di wilayah Tirtomoyo yang mendapatkan proyek Prona.

Ketua Tim Saber Pungli Wonogiri, Kompol Wawan Purwanto yang juga Wakapolres Wonogiri memastikan ada tiga PNS terliat pungli. Namun Wawan Purwanto enggan menyebutkan identitas mereka. Alasanya hal itu bukan kewenanganya.

Tim Saber kemarin gelar perkara kasus pungli Prona di Sekretariat Satgas Saber Pungli di Kantor Setda Pemda Wonogiri. Gelar perkara dipimpin Wawan Purwanto didampingi Sekda Suharno, Kasat Intel Kejari Triyanto, Kasatreskrim Muhammad Kariri, Kasat Intel Polres Sihono, Kasat Binmas Suwono dan para Kepala SKPD terkait.

“Dari saran dan pendapat yang masuk dapat disimpulkan pelaku pungli Prona di Kecamatan Tirtomoyo akan diberikan sanksi administrative sesuai dengan UU ASN. Karena mereka adalah PNS” ujar Wawan. Terkait uang yang berhasil diamankan Tim Saber Pungli akan dikembalikan ke masyarakat.

Pada kesempatan itu pula Tim Saber Pungli menandatangani hasil gelar perkara. Dikatakan pengambilan sanksi tersebut berdasarkan gelar perkara Kamis (09/03) lalu. Asal tahu program Prona di Kecamatan Tirtomoyo diikuti 811 pemohon. Yaitu di Desa Hargosari ada 200 pemohon, Sukoharjo 358 pemohon, Ngarjosari 190 pemohon dan Hargorejo 113 pemohon.

Tim Saber Pungli Wonogiri beberapa waktu lalu berhasil mengungkap Pungli Prona penyertifikatan di Kecamatan Tirtomoyo, dengan mengamankan uang rakyat lebih dari setengah miliar rupiah. Praktik pungli terbongkar karena ada laporan bahwa biaya Prona melebihi kewajaran.

Setiap pemohon dipungut Rp.850.000. Total uang pungli mencapai Rp.748.580.000. Setelah dilakukan perhitungan terdapat kelebihan biaya Prona sebesar Rp 578.145.000. Uang itulah yang rencana akan dikembalikan kepada para pemohon. (b5iw).

error: Content is protected !!