PPK DPU Wonogiri Digugat Rekanan

0 173
Prenggo Sudhono , Pengacara Penggugat
Prenggo Sudhono , Pengacara Penggugat

 

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Kantor Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Wonogiri, Prihadi Ariyanto digugat Direktur CV Karya Bangun selaku penyedia jasa proyek peningkatan jalan Baturetno – Glesungrejo Kecamatan Baturetno.

Pasalnya tergugat menolak membayar hasil pekerjaan betonisasi sepanjang 600M lebih. Padahal versi penggugat pekerjaan itu telah selesai 100 % pada akhir tahun anggaran 2015 lalu. Penggugat merasa berhak menerima uang sesuai kontrak Rp.772 Juta lebih.

Akibat tidak dibayarkannya proyek itu, penyedia jasa merugi Rp.772 Juta dan kerugian non materi. Sidang gugatan kali kedua digelar Kamis (16/3) di Kantor Pengadilan Negeri Wonogiri. Sidang dipimpin Ketua Majlis Bunga Lili diampingi dua anggotanya.

Hadir sebagai penggugat Prenggo Sudhono tampa penasehat hukum. Tergugat diwakili penasehat hukum Wiyanto yang juga Kabag Hukum Setda Pemda Wonogiri. Tim tergugat terdiri dari Retno Puspitorini, Didik Ropiadi, dan Ibrahim Landung Nugroho.

 Wiyanto Kabag Hukum Pemda Wonogiri.
Wiyanto Kabag Hukum Pemda Wonogiri.

Menurut kuasa hukum tergugat, hasil pekerjaa CV Karya Bangun tidak sesuai spek. Hasil uji laboratorium Fakultas Teknik UNS pertama dan kedua, spesifikasi jalan bethon tidak memenuhi standar K300 (kuat tekan kilogram per-cm).

Pekerjaan CV Bangun Karya terendah 62,28 tertinggi 172, dari 8 semple yang diuji. Hasil uji lab kedua 8 Desember tertiggi 169,43 dari 6 yang diuji. Ada sebagian pekerjaan lain bisa dibayar karena memenuhi spek 11,58 persen, senilai Rp.89.400 juta. Namun menolak.

Selain tidak dibayar, CV Karya Bangun juga di-bleklist dua tahun 2015-2016 dan pencairan jaminan 5 persen sebesar Rp. 38 juta dicairkan PPK DPU Wonogiri. (baguss)

error: Content is protected !!